search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Cara Atasi Perut Panas Setelah Makan Pedas
Senin, 11 April 2022, 17:35 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/5 Cara Atasi Perut Panas Setelah Makan Pedas

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Bagi pencinta makanan bercita rasa pedas, sehari tak mengkonsumsi makanan pedas rasanya tak lengkap. Namun, tak sedikit yang mengeluh perut terasa panas seusai menikmati beragam menu yang diolah dengan cabai ekstra. Lantas, bagaimana cara atasi perut panas setelah makan pedas?

Tentu saja perut panas setelah makan pedas sangat mengganggu dan membuat Anda tak nyaman saat akan meneruskan aktifitas keseharian. Apakah Anda ingin menikmati olahan makanan super pedas tanpa mencemaskan perut yang terasa panas? 

Sebelumnya perlu Anda ketahui, apa penyebab perut terasa panas usai mengkonsumsi makanan pedas. Hal ini dipengaruhi oleh capsaicin yang terkandung dalam cabai. Kandungan ini dapat mengiritasi perut sehingga reaksi yang ditimbulkan yaitu  perut terasa panas.

Meski terdengar mengerikan, namun kondisi ini sesungguhnya dapat diatasi dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan tertentu. Nah, berikut adalah daftar makanan yang dapat Anda konsumsi untuk atasi perut terasa panas setelah makan pedas yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Konsumsi Susu

Ketika perut panas maka cobalah untuk mengonsumsi setengah cangkir susu lalu duduk dalam posisi tegak selama 30 menit. Kandungan dalam setengah cangkir susu disebut mampu menetralkan asam dari makanan pedas yang dikonsumsi.

2. Konsumsi Teh Peppermint

Menurut berbagai sumber teh peppermint mengandung  zat anti nyeri yang dapat meringankan gejala perut yang terasa panas usai mengonsumsi makanan pedas.

 

Jika Anda tak suka minum susu maka teh peppermint bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda pasca mengonsumsi makanan pedas.

3. Konsumsi Buah 

Cara lain yang tak kalah manjur guna meredam perut yang terasa panas usai mengonsumi makanan pedas yaitu konsumsi buah segar. Buah segar dipercaya dapat meluruhkan zat capsaicin yang terdapat pada cabai.

4.  Konsumsi Yogurt

Tak hanya membantu memperlancar pencernaan, mengonsumsi yogurt dapat menangkal perut yang terasa panas setelah makan pedas. Pasalnya kandungan dalam yogurt  mampu membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus.Bakteri baik ini kemudian akan membantu melepaskan suhu panas di dalam perut Anda.

5. Minum Air Kelapa

Anda tentu tahu bahwa mengonsumsi air kelapa di saat cuaca panas mampu menyegarkan tubuh. Tak hanya itu air kelapa juga dapat meningkatkan elektrolit dan mineral. Air kelapa juga memiliki kandungan nutrisi seperti antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan sel tubuh. 

Namun tahukah Anda bahwa sifat basa air kelapa juga  mampu menetralkan kadar asam dalam perut sekaligus mendinginkan lapisan perut yang terasa panas setelah mengonsumsi makanan pedas? Jika Anda belum tahu, tak ada salahnya menyiapkan segelas air kelapa muda sebelum menikmati olahan makanan pedas favorit Anda.(sumber: suara.com)
 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami