search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Sebab Sakit Perut Sebelah Kanan Yang Perlu Diwaspadai
Rabu, 20 Juli 2022, 11:44 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/5 Sebab Sakit Perut Sebelah Kanan Yang Perlu Diwaspadai

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Sakit perut jadi keluhan lumrah dan umum yang pernah dialami hampir setiap orang. Tapi bagaimana dengan keluhan lebih spesifik yakni sakit perut sebelah kanan, apakah tanda adanya masalah kesehatan?

Menjawab hal ini, Spesialis Penyakit Dalam Primaya Evasari Hospital, dr. Anna Puteri Gozali, Sp.PD mengatakan ada berbagai sebab sakit perut kanan, dari mulai gangguan saluran cerna hingga yang berkaitan dengan organ reproduksi.

"Jika keluhan nyeri perut yang dialami sudah terjadi berulang kali, sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter secara langsung agar bisa dilakukan pemeriksaan lanjutan," ujar dr. Anna.

Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab sakit perut sebelah kanan yang perlu diwaspadai:

1. Gangguan Saluran Cerna

Sakit perut karena gangguan saluran cerna umumnya gejalanya seperti perih, ingin buang air besar (mulas), beberapa juga disertai perasaan kembung, mual hingga muntah.

"Selain itu, nyeri ini bisa disertai dengan diare atau justru sembelit," ungkap dr. Anna.

2. Penyakit Batu Empedu

Jika sakit perut kanan karena batu empedu, umumnya sakit menyerang perut kanan atas yang menjalar hingga ke punggung kanan. Biasanya juga nyeri yang terjadi akan hilang timbul.

"Dirasakan setelah mengonsumsi makanan berlemak atau bisa muncul secara tiba-tiba, dan bisa disertai dengan mual, muntah, ataupun demam," paparnya.

3. Batu Ginjal

Apabila merasa sakit perut kanan terjadi secara mendadak pada bagian pinggang kanan, maka patut dicurigai karena adanya batu ginjal yang muncul dan mengganggu saluran kemih.

"Nyeri perut ini bisa disertai dengan mual, muntah, demam, dan nyeri saat berkemih (buang air kecil)," jelasnya.

4. Radang Usus Buntu

Penyakit ini perlu dicurigai saat merasakan sakit perut di sebelah kanan bawah. Apalagi jika terasa semakin sakit ketika batuk atau melakukan gerakan tertentu.

"Biasanya radang usus buntu juga akan disertai dengan demam, penurunan nafsu makan, mual, muntah, diare, atau sembelit," papar dr. Anna.

5. Peregangan Otot

Sakit perut bawah ini terjadi jika nyeri bersifat taja, dan akan bertambah sakit jika melakukan peregangan. Umumnya disebabkan karena memaksa otot bekerja terlalu keras.

"Nyeri akibat peregangan otot ini biasanya dirasakan setelah penggunaan otot-otot secara berlebihan seperti olahraga ekstrim," tutup dr. Anna.(sumber: suara.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami