search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tips Jaga Kesehatan Jantung Agar Terhindar dari Komplikasi
Jumat, 5 Agustus 2022, 07:00 WITA Follow
image

bbn/Suara.com/Tips Jaga Kesehatan Jantung Agar Terhindar dari Komplikasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Kabar duka kembali menyelimuti industri hiburan atas meninggalnya Eddy Gombloh. Kabar meninggalnya sendiri telah dikonfirmasi oleh sang istri, Martina Lubalu, yang menyebutkan suaminya meninggal dunia di RSUP Dr Sardjito, Sleman, Yogyakarta pada Kamis (4/8/2022).

Berdasarkan keterangan Martina, pemain film Samson Betawi itu meninggal dunia karena komplikasi dari penyakit jantung yang dideritanya. Dikatakan, Eddy Gombloh juga sudah sejak lama dirawat di rumah sakit.

Akibat dari penyakit jantung yang dimilikinya, Eddy sendiri mengalami berbagai gangguan kesehatan lainnya seperti ginjal, paru-paru, dan hati.

“(Ada riwayat) jantung. Dari jantung menyebar ke paru-paru, ginjal dan hati,” kata Martina Lubalu dalam video yang diunggah di kanal YouTube Macul Channel. Tidak hanya itu, Eddy Gombloh juga sempat menderita Covid 19 yang membuat aktor 80 tahun ini sulit berjalan.

“Lebih parah pas kena Covid-19. Dari Covid, enggak bisa jalan,” sambung Martina.

Seperti yang diketahui, penyakit jantung sendiri memang bisa memicu berbagai penyakit lainnya. Melansir laman WHO, penyakit kardiovaskular menjadi pembunuh nomor 1 di dunia dan diperkirakan setiap tahunnya merenggut sekita 50 ribu nyawa di berbagai belahan dunia. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dengan beberapa tips berikut.

1. Konsumsi makanan yang baik untuk jantung

Dalam situs WHO, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk janting, di antaranya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Sementara berbagai makanan yang harus dihindari seperti daging asin, makanan olahan atau kaleng, serta makanan cepat saji. Camilan manis seperti donat, kue, atau biskuit juga bisa diganti dengan buah dan sayur.

2. Hindari berat badan berlebih

Penting sekali bagi seseorang untuk mengontrol berat badannya. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih sangat berisiko mengalami penyakit kardiovaskular. Untuk itu, selalu perhatikan indeks massa tubuh agar tidak memiliki berat badan yang tidak berlebih. Jika sudah melewati batas, usahakan untuk menurunkan berat badan dengan berolahraga.

3. Lakukan aktivitas fisik

Cara lain menjaga kesehatan jantung adalah dengan melakukan berbagai aktivitas fisik setidaknya 150 menit atau 2,5 jam setiap harinya. Melakukan aktivitas fisik dapat mencegah peningkatan tekanan darah, peningkatan kadar kolesterol dan lipid darah lainnya, dan membantu pengendalian berat badan.

4. Hindari rokok

Rokok nyatanya dapat memberikan dampak buruk pada jantung. Asap rokok dapat berisiko meningkatkan penyakit jantung. Untuk, itu sangat penting menghindari rokok agar jantung tetap sehat.

5. Hindari konsumsi alkohol

Selain rokok, hal lain yang juga patut dihindari adalah alkohol. Dikatakan mengonsumsi alkohol dikaitkan dengan 200 penyakit serta cedera, salah satunya kardiovaskular. Mengonsumsi alkohol akan membuat jantung menjadi rusak. Oleh karena itu, agar membuat jantung tetap sehat, hindari konsumsi alkohol.

6. Periksa tekanan darah dan kadar gula darah secara rutin

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah dan kadar gula darah. Hal ini dapat membuat seseorang tahu bagaiman kondisi kesehatannya.

Melakukan pengecekan ini sendiri juga bisa membuat seseorang menghindari gaya hidup yang memengaruhi kondisi kesehatannya. Jika ada masalah kesehatan, kita bisa segera mengonsumsi obat sebelum terjadi komplikasi yang lebih parah.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami