search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Panen Padi Nusantara di Jembrana, Wayan Wardana Dampingi Bupati Tamba
Kamis, 9 Maret 2023, 22:04 WITA Follow
image

beritabali/ist/Panen Padi Nusantara di Jembrana, Wayan Wardana Dampingi Bupati Tamba.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

I Wayan Wardana, anggota DPRD Jembrana dari Partai Demokrat mendampingi Bupati Jembrana I Nengah Tamba Panen dalam kegiatan Hari Panen Padi Nusantara di Subak Susunsari di Desa Tukadaya, Kecamatan Melaya, Jembrana, Kamis (9/3/2023).

Kegiatan ini digelar menyeluruh se-Indonesia dalam rangka panen raya 1 juta ha. Sebagai Mantan Manajer KUD Catur Karya Usaha Desa Tuwed dari tahun 1996-2009, ia turut berbahagia melihat para petani di wilayah KUD Catur Karya usaha, telah panen dan menikmati harga gabah Rp5.000 per kilogramnya. Hal ini terungkap saat ia bertanya kepada salah satu petani disana. 

Wayan Wardana berharap agar para petani padi Jembrana terus semangat menggarap sawahnya karena Bupati Tamba sudah membangun Sentra Pengolahan Beras Terpadu (SPBT) di Penyaringan. Hasil panen padi petani nantinya akan ditampung di SPBT Penyaringan, sehingga kedepan tidak ada istilah harga padi anjlok dan padi tidak laku di Jembrana.

Sebelumnya, Jembrana mendapat bantuan CSR dari Bank Mandiri berupa pembangunan SPBT Penyaringan dimana peletakan batu pertamanya atau groundbreaking dilaksanakan pada Rabu (22/2/2023) di Subak Tibu Beleng, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo.

Pembangunan SPBT dilahan subak seluas 3.500 meter persegi ini diharapkan menjadi jawaban atas keluhan para petani yang sering menyampaikan harga gabah yang kurang sesuai ketika memasuki masa panen raya.

Bupati I Nengah Tamba menceritakan ide pembangunan SPBT ini berawal dari kegelisahan petani Jembrana setiap menghadapi masa panen dikarenakan harga gabah mereka justru anjlok harganya hingga merugi. 

Setelah ditelusuri, kata Tamba, benang merah permasalahan itu solusinya perlu dibangun semacam pabrik pengolahan gabah yang bisa menjaga stabilitas harga gabah petani.

Ide itu kemudian ditindaklanjuti dengan komunikasi langsung Bersama Menteri BUMN Erick Thohir membahas tentang rencana menjadikan kabupaten Jembrana sebagai lumbung pangan. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami