search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Polisi India Tangkap Separatis Sikh Usai Sebulan Diburu
Senin, 24 April 2023, 00:05 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Polisi India Tangkap Separatis Sikh Usai Sebulan Diburu

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Polisi India akhirnya menangkap penceramah radikal agama Sikh, Amritpal Singh usai memburu pria itu selama lebih dari sebulan.

"Amritpal Singh telah ditangkap dari Desa Rode di distrik Moga, Punjab, atas dasar intelijen tertentu," kata pejabat tinggi polisi Punjab, Sukhchain Singh Gill, seperti dikutip Reuters, Minggu (23/4).

Penangkapan ini terjadi setelah pria berusia 30 tahun itu dan ratusan pengikutnya menyerbu kantor polisi di Kota Punjab, Ajnala, sambil membawa pedang dan senjata api. Mereka menuntut pembebasan salah satu ajudannya yang ditangkap aparat polisi beberapa waktu lalu.

Setelah insiden itu heboh, Singh pun melarikan diri pada pertengahan Maret. Ia baru ditangkap sebulan kemudian di Gurdwara, sebuah kuil Sikh, usai melakukan ibadah.

Polisi menuding Singh dan para pengikutnya melakukan percobaan pembunuhan, menghalangi penegakan hukum, dan menciptakan ketidakharmonisan.

Singh sendiri merupakan penceramah gadungan yang memimpin kelompok bernama Waris Punjab De yang berarti ahli waris Punjab. Ia kerap berceramah mengenai kemerdekaan Sikh sehingga memicu kekhawatiran akan kembalinya kekerasan di masa lalu.

Pada 1980-an dan awal 1990-an diketahui terjadi pemberontakan Sikh yang menewaskan puluhan ribu orang.

Lantaran aktivitas Singh dan tindakannya tersebut, ia kini terancam ditahan tanpa dakwaan hingga satu tahun, berdasarkan Undang-Undang Keamanan Nasional.

Gill berujar Singh bakal dipindahkan ke Dibrugarh, kota di negara bagian Assam, di mana beberapa rekannya yang lain sudah lebih dulu dipenjara di sana.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami