search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jelang Penutupan, Belum Ada Parpol di Tabanan Perbaiki Berkas
Jumat, 7 Juli 2023, 00:01 WITA Follow
image

beritabali/ist/Jelang Penutupan, Belum Ada Parpol di Tabanan Perbaiki Berkas.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Menjelang penutupan perbaikan berkas Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) pada Minggu, (9/7) KPU Tabanan belum menerima perbaikan berkas yang disampaikan oleh partai politik.  

Komisioner KPU Tabanan, Divisi Penyelenggaraan Pemilu, Ni Luh Made Sunadi, ketika dihubungi Kamis, (6/7) menyebutkan, pihaknya belum menerima perbaikan berkas yang diupload pada sistem informasi pencalonan atau Silon. 

"Hanya konsultasi saja. Jika seperti ini, bisa lembur sampai pagi di hari terakhir," ujarnya. 

Pada hari terakhir masa perbaikan berkas, waktu penerimaan berkas hingga Pukul 23.00 WITA. Sebelumnya Sunadi menyebutkan, beberapa partai politik yang konsultasi seperti PDI Perjuangan, Gerindra, Demokrat dan PKS.

Sebanyak 446 bacaleg yang telah didaftar oleh 17 partai politik yang ada di Tabanan, hanya 88 bacaleg telah memenuhi syarat administrasi secara pendaftaran, sedangkan sisanya 358 bacaleg belum memenuhi syarat. “Kami harapkan agar segera,” ujarnya. 

Masih minimnya partai politik yang melakukan perbaikan dokumen para Bacalegnya, diduga agar tidak melakukan kesalahan lagi. Sehingga mereka banyak melakukan koordinasi. 

“Mungkin enggan melakukan perbaikan dua kali,” ujar Sunadi. 

Selain itu, ada satu partai politik yang tidak mengganti Bacalegnya. Tapi, Sunadi kembali enggan mengungkapkan partai politik itu. Ia menjelaskan agar partai politik cermat melakukan pergantian Bacaleg dan tetap memperhatikan kuota 30 persen perwakilan perempuan pada setiap daerah pemilihan (Dapil). 

Jika kuota 30 persen pada Dapil tidak terpenuhi maka, KPU akan mencoret partai tersebut di dapil itu. “Sehingga secara otomatis akan kehilangan potensi kursi di dapil itu,” ujarnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/tab



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami