search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pura Alas Kedaton Dibobol Maling, Uang Kepeng dan Batu Pedagingan Raib
Sabtu, 19 Agustus 2023, 08:42 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pura Alas Kedaton Dibobol Maling, Uang Kepeng dan Batu Pedagingan Raib.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Kasus pembobolan Pura di Kabupaten Tabanan kembali terjadi. Pada Jumat (18/8), Pura Dalem Kayangan Kedaton yang berlokasi di objek wisata Alas Kedaton dibobol maling. 

Kapolsek Marga, AKP I Wayan Suta Arcana ketika dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Menurut Suta Arcana, kejadian tersebut diketahui dan dilaporkan pada Jumat (18/8) siang oleh pihak desa dan pengempon Pura.

"Kami menerima laporan pada Jumat siang, selanjutnya tim dari Polsek Marga ke lapangan bersama pihak desa adat dan saksi-saksi, tim melakukan pengecekan ke lokasi, yakni di Pura Dalem Kayangan Kedaton," jelasnya. 

Dari keterangan saksi di lapangan, Suta Arcana menyebutkan pada tanggal 18 Agustus, saksi atas nama Made Partini memasuki are Pura Dalem Kedaton untuk melakukan persembahyangan dan menemukan jika kota sesari yang ada di Pura tersebut sudah ada di bawah, tepatnya di halaman gedong Pura. 

Selain itu, pintu gedong juga ditemukan dalam keadaan rusak. Melihat kejadian tersebut, saksi Partini keluar Pura dan meminta bantuan dan di jaba Pura kemudian bertemu dengan saksi lainnya yang selanjutnya melaporkan kejadian tersebut kepada Kelian Dinas dan selanjutnya kelian Dinas meneruskan laporannya kepada Bhabinsa Desa Kukuh.

Dari pemeriksaan lokasi yang dilakukan Polsek Kukuh ditemukan, Pratima yang ada di Pura Dalem Kedaton masih utuh. "Namun sebanyak 33 keping uang kepeng dan satu buah batu pedagingan yang ada di gedong Pura dinyatakan hilang," jelasnya.

Akibatnya kejadian tersebut, pura Dalem Kedaton diperkirakan mengalami kerugian materiil sebesar Rp 500 ribu. Dilanjutkan Suta Arcana, pelaku memasuki area Pura yang tidak terkunci selanjutnya membobol pintu gedong dengan cara merusak engsel bawah yang sudah rapuh selanjutnya masuk ke dalam gedong.

"Terkait pelaku, sampai saat ini kami masih dalam proses penyelidikan," tambahnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/tab



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami