search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
7 Ikan Yang Bagus Untuk Ibu Hamil, Bermanfaat Untuk Otak Bayi
Selasa, 5 September 2023, 10:32 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/7 Ikan Yang Bagus Untuk Ibu Hamil, Bermanfaat Untuk Otak Bayi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Pada masa kehamilan tentu dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, termasuk konsumsi ikan yang bagus untuk ibu hamil. Sejumlah jenis ikan berikut ini mengandung banyak nutrisi seperti protein dan omega 3 yang tak cuma bermanfaat untuk ibu hamil, tapi juga janin yang dikandungnya.

Makanan laut, termasuk ikan dan kerang, bisa menjadi sumber protein, zat besi, dan seng yang baik. Itu semua adalah nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Asam lemak omega-3 pada banyak ikan, termasuk asam docosahexaenoic (DHA), juga dapat membantu perkembangan otak bayi.

Meski demikian, beberapa jenis makanan laut bisa memiliki kadar merkuri yang tinggi, seperti ikan todak hingga tuna putih kalengan. Sebaiknya Anda menghindarinya selama hamil.

Mengutip Mayo Clinic, terlalu banyak mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri tinggi dapat menumpuk di aliran darah seiring berjalannya waktu. Selain itu, kandungan merkuri dalam ikan dapat membahayakan perkembangan sistem saraf janin dalam kandungan.

Food and Drug Administration (FDA), Environmental Protection Agency (EPA) merekomendasikan agar Bunda yang sedang hamil setidaknya makan 340 gram berbagai makanan laut yang rendah merkuri dalam seminggu.

Melansir berbagai sumber, berikut ini 7 ikan yang bagus untuk ibu hamil:

1. Ikan salmon

Mengutip Very Well Family, ikan salmon termasuk ikan yang bagus untuk ibu hamil karena tinggi akan kandungan omega-3 dan DHA. Ikan ini juga rendah merkuri.

Salmon yang dimasak matang aman untuk janin dan memiliki banyak manfaat termasuk perkembangan otak dan mata.

2. Ikan lele

Lele kaya akan kandungan protein, vitamin B12, fosfor, kalium, hingga vitamin D. Selain itu, ikan lele juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Dalam 100 gram ikan lele, terkandung asam lemak omega-3 sebanyak 29,9 gram.

Ikan lele juga rendah kandungan merkuri sehingga aman bagi ibu hamil. Dalam seminggu, Anda boleh mengonsumsinya dua hingga tiga kali.

3. Ikan haring

Ikan haring termasuk ikan yang bagus untuk ibu hamil karena mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk perkembangan otak janin.

Menukil WebMD, sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dari wanita yang makan dua porsi atau lebih per minggu ikan ini selama kehamilan cenderung memiliki kecerdasan, perilaku, dan perkembangan yang lebih baik.

4. Ikan patin

Ikan patin adalah jenis yang dianjurkan dikonsumsi selama kehamilan berlangsung. Di dalamnya, mengandung berbagai nutrisi penting untuk perkembangan otak pada bayi.

Omega-3 sangat penting untuk merangsang fungsi otak dan sumsum tulang belakang bayi. Tak hanya itu, protein tinggi di dalamnya juga dibutuhkan ibu hamil untuk selalu prima energinya.

5. Ikan makarel

Ikan makarel jenis makarel Atlantik atau Norwegia aman dan tidak sama dengan king makarel. Ikan ini kaya akan kandungan asam lemak omega-3, protein, dan rendah merkuri.

Meski demikian, pastikan Anda mencuci bersih ikan dan memasaknya hingga benar-benar matang.

6. Ikan nila

Kadar lemak pada ikan nila terbilang rendah, sehingga tidak meningkatkan kolesterol pada ibu hamil.

Ikan nila mengandung banyak protein, fosfor, niasin, selenium, vitamin B 12, dan kalium. Fosfor berguna untuk pembentukan tulang dan gigi janin.

Oleh karena itu, tulang ibu tidak mudah menjadi keropos sekaligus sumber energi tambahan.

7. Ikan sarden

Ikan sarden termasuk ikan yang bagus untuk ibu hamil. Ikan ini mengandung protein tinggi dengan merkuri sangat rendah. Meski demikian, ibu hamil disarankan lebih baik mengonsumsi ikan sarden segar dibanding ikan sarden kalengan.

Itulah 7 ikan yang bagus untuk ibu hamil. Semoga membantu.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami