search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pohon Cempaka Keramat Tumbang Timpa Rumah Warga Desa Duda Utara
Senin, 8 Januari 2024, 14:27 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pohon Cempaka Keramat Tumbang Timpa Rumah Warga Desa Duda Utara.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Pohon cempaka yang berusia tua dan dikeramatkan warga tumbang menimpa bangunan rumah di Banjar Dinas Karangsari Kelod, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasen pada Minggu (7/1/2024) sore. 

Informasi yang diperoleh, pohon setinggi 20 meteran tersebut berada di dekat Pura Dalem setempat, pohon itu tumbang sekitar pukul 18.00 WITA ke arah barat hingga menutup jalan dan menimpa bangunan rumah milik warga bernama Nyoman Simpen Arta.

Saat kejadian, seluruh penghuni rumah yang berjumlah sebanyak 4 orang sedang berada di rumah. Syukurnya peristiwa pohon tumbang tidak sampai menimbulkan korban, seluruh penghuni runah selamat, hanya mengalami kerugian materiil yang ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

"Diduga karena akar lapuk dan tanah di lokasi labil mengingat sebelumnya sempat turun hujan diwilayah tersebut, tadi personel BPBD bersama Camat, Perangkat Desa, Babin dan warga sekitar gotong royong melakukan penanganan," kata Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, Senin (8/1/2024). 

Sementara itu, menurut salah satu warga, pohon cepaka tersebut cukup dikeramatkan oleh warga. Pada batang pohon sejak dulu dipasangi kain bahkan didekat pohon tersebut juga dibangun sebuah pelinggih.  Daru cerita yang beredar, dulu pohon tersebut sempat mau dirobohkan menggunakan alat berat saat pelebaran jalan, namun gagal karena saat hendak dirobihkan justru alat berat yang mati waktu itu. 

"Ya menurut cerita pohon ini dikeramatkan warga, batangnya dipasangi kain selain itu dekat pohon juga dibangun sebuah pelinggih. Menurut cerita dulu pohon cempaka ini katanya sempat mau dirobohkan waktu pelebaran jalan, tapi gagal karena waktu mau dirobohkan alat berat tiba-tiba mati," kata Bawa salah seorang warga.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami