search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sederet Program Mulia-PAS dari Biaya Pendidikan Gratis hingga Bantuan Khusus Sekaa Truna, Pemangku, Pecalang
Sabtu, 14 September 2024, 10:19 WITA Follow
image

beritabali/ist/Sederet Program Mulia-PAS dari Biaya Pendidikan Gratis hingga Bantuan Khusus Sekaa Truna, Pemangku, Pecalang.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Dalam upaya memajukan sektor pendidikan di Bali, calon gubernur Made Muliawan Arya alias De Gadjah dan calon wakil gubernur Putu Agus Suradnyana (Mulia-PAS) mengusulkan berbagai program inovatif yang berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan dan kesejahteraan siswa di tingkat SMA/SMK/Sederajat. 

Disamping pendidikan, Mulia-PAS juga berkomitmen untuk melestarikan adat dan budaya Bali serta memperkuat sisi permodalan UMKM agar senantiasa bisa berkontribusi pada perekonomian daerah. 

Berikut adalah poin-poin utama dari visi mereka:

1. Dana Motivasi Akademik

Menyediakan dana motivasi bagi siswa SMA/SMK/Sederajat yang meraih nilai akademik terbaik di setiap sekolah. Dana ini akan diberikan kepada peringkat 1, 2, dan 3, sebagai bentuk apresiasi atas prestasi mereka.

2. Biaya Pendidikan Gratis 

Memberikan biaya pendidikan gratis untuk siswa yatim/piatu dan siswa dari keluarga miskin, untuk memastikan mereka memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan pendidikan berkualitas.

3. Bantuan Biaya Kuliah

Menyediakan bantuan biaya kuliah bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat yang memperoleh nilai terbaik di sekolahnya. Program ini bertujuan untuk mendukung melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

4. Pinjaman Lunak untuk UMKM

Menyediakan pinjaman lunak bagi usaha rumah tangga, UKM/UMKM, serta bagi lulusan SMK yang membentuk kelompok usaha. Program ini diharapkan dapat mendukung pengembangan ekonomi lokal dan menciptakan lapangan kerja.

5. Menambah Sekolah Bali Mandara

Mempertahankan dan menambah sekolah asrama atau boarding school untuk siswa miskin seperti Sekolah Bali Mandara di Buleleng. Selain di Buleleng, juga dipertimbangkan untuk menambah sekolah sejenis di kabupaten lainnya. Tujuannya, untuk menyediakan pendidikan berkualitas bagi anak-anak di seluruh Bali.

6. Bantuan Khusus untuk Sekaa Truna, Pemangku, dan Pecalang

Mengalokasikan dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Desa Adat untuk sekaa teruna (STT), pecalang, dan pemangku. Selain diberi bantuan, perangkat organisasi Desa Adat seperti Kelian Banjar Adat, Pecalang, Pemangku Tri Kahyangan, STT dan lainnya juga diperkuat untuk mampu menjaga kemandirian dan jiwa otonomnya. 

"Dengan program-program ini, kami Made Muliawan Arya dan Putu Agus Suradnyana (Mulia-PAS) berkomitmen untuk memperkuat sistem pendidikan di Bali, mendukung kesejahteraan siswa, dan memajukan ekonomi lokal," pungkas calon gubernur yang juga Ketua Gerindra Bali Made Muliawan Arya alias De Gadjah.

Editor: Robby

Reporter: Gerindra Bali



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami