News

Perempuan, Pemimpin dalam Pengelolaan Sampah di Rumah Tangga

 Senin, 08 Mei 2023, 00:50 WITA

beritabali/ist/Perempuan, Pemimpin dalam Pengelolaan Sampah di Rumah Tangga.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Gianyar. 

Akademisi Fakultas Pertanian, Universitas Warmadewa (Unwar) Dr. I Nengah Muliarta menyampaikan bahwa perempuan dapat mengambil peran sebagai leader dalam pengelolaan sampah berbasis sumber di tingkat rumah tangga. 

Perempuan memiliki peran penting dalam pengelolaan sampah karena mereka sering kali bertanggung jawab dalam pengelolaan rumah tangga dan lingkungan.

“Dalam banyak keluarga, perempuan memiliki peran utama dalam memutuskan bagaimana sampah dihasilkan dan dielola di rumah. Oleh karena itu, perempuan dapat memainkan peran yang penting dalam mempromosikan pengelolaan sampah yang baik dan bertanggung jawab” kata Muliarta di sela-sela pelatihan pengomposan bagi ibu-ibu Tim Penggerak PKK Desa Batuan, Sukawati, di Gianyar pada Sabtu (6/5). 

Menurut mantan reporter VOA ini, perempuan dengan kemampuannya dalam mengelola rumah tangga mestinya diberikan pengetahuan mengenai teknik dalam pengelolaan sampah rumah tangga menjadi produk bernilai ekonomi, seperti pengetahuan pengomposan. Apabila langkah ini dapat dijalankan maka pengurangan sampah dari rumah tangga dapat dilakukan, sehingga dapat terimplementasi konsep zero waste dari tingkat rumah tangga. 

Melalui pengomposan, perempuan dapat mengubah sampah organik menjadi pupuk yang berguna untuk pertanian, sehingga mengurangi limbah dan mendukung ketahanan pangan.

Perempuan memainkan peran penting dalam pengelolaan sampah berbasis sumber melalui pengomposan, karena mereka sering kali memiliki peran utama dalam pengelolaan rumah tangga dan lingkungan,” papar pria asal Klungkung yang juga pernah menjadi Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali periode 2014-2017. 


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Gianyar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending