search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
81 Koperasi di Karangasem Belum Gelar RAT
Selasa, 13 Juni 2023, 15:54 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/81 Koperasi di Karangasem Belum Gelar RAT.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Puluhan koperasi di Kabupaten Karangasem belum melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) hingga pertengahan tahun 2023 ini. 

Padahal sesuai ketentuan, RAT seharusnya dilaksanakan pada bulan Januari hingga Maret setiap tahunnya dan itu wajib dilaksanakan sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap anggota Koperasi.

Kepala Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Karangasem, I Made Loka Santika mengatakan, dari 337 Koperasi yang ada di Karangasem, masih aktif hingga akhir tahun 2022 lalu sekitar 230 koperasi sedangkan sisanya dalam kondisi tidak aktif.

"Untuk dari jumlah koperasi aktif yang sudah melakukan RAT hingga Maret 2023 ini baru sekitar 149 koperasi, sementara sisanya belum. Seharusnya RAT dilakukan paling lambat bulan Maret setiap tahunnya, jika tertunda itupun hingga April dengan alasan kebencanaan," kata Loka Santika dikonfirmasi, Selasa (13/6/2023).

Namun ia memperkirakan, ada beberapa koperasi yang sudah melaksanakan RAT namun tidak terdata karena saat RAT tidak menghadirkan Dinas terkait. Untuk memastikan, pihaknya saat ini sedang melakukan proses pendataan terhadap koperasi yang telah melakukan RAT pada tahun 2023 ini. 

Diakuinya, tidak sedikit Koperasi di Karangasem yang kolaps ataupun mati suri saat ini setelah bencana erupsi Gunung Agung pada tahun 2017 lalu. Namun demikian, pihaknya berusaha mendorong agar Koperasi bisa bengkit dan beroperasi kembali.

"Ada dua koperasi yang bangkit kembali tahun ini, kami akan terus dorong sehingga yang dulunya tidak aktif bisa beroperasi kembali," imbuhnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami