search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Buleleng Jadi Tempat Ajang Pencarian Bakat Cabor Atletik Kemenpora RI
Jumat, 17 November 2023, 07:58 WITA Follow
image

beritabali/ist/Buleleng Jadi Tempat Ajang Pencarian Bakat Cabor Atletik Kemenpora RI.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Kabupaten Buleleng dijadikan sebagai tempat Talent Identificatioan atau ajang pencarian bakat untuk Cabang Olahraga (cabor) Atletik oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Hanya tiga Kabupaten di Indonesia yang ditetapkan sebagai kegiatan tersebut.

Demikian terungkap, Kamis 16 November 2023 saat kunjungan Tim Kemenpora RI di ruang rapat KONI Kabupaten Buleleng yang dihadiri Kepala Bidang Pembinaan Pemuda Olahraga, Putu Pasek Sujendra bersama Ketua Umum KONI Kabupaten Buleleng, I Ketut Wiratmaja, didampingi Subkor Pembibitan dan Prestasi Olahraga, Nyoman Omy Anggreni.

Dalam pertemuan itu, Tim Kemenpora RI dipimpin Bambang Siswanto selaku Pj. Pemanduan Bakat dan Identifikasi Bakat menyampaikan bahwa Kemenpora saat ini sedang melakukan pengembangan atlet dengan progres pelatihan jangka panjang. 

Identifikasi ini bertujuan untuk melihat dan mencetak atlet-atlet baru untuk nantinya dapat berprestasi di daerah, provinsi, nasional, bahkan sampai internasional.

“Identifikasi bakat ini diikuti 300 pelajar usia 12 sampai dengan 15 tahun pada jenjang SMP. Cara identifikasinya, dengan menggunakan 10 item bidang olahraga yang catatan capaian siswa dan siswi ini akan diinput, selanjutnya data yang keluar dijadikan patokan di kategori mana pelajar akan dibina,” papar Bambang Siswanto.

Pj. Pemanduan Bakat dan Identifikasi Bakat Kemenpora ini juga memberikan apresiasi di Buleleng sudah melakukan pengukuran tinggi badan terhadap 500 orang peserta dan sudah terjaring menjadi 300 orang peserta. 

“Kabupaten Buleleng menjadi salah satu tempat pelaksanaTalent Indentification Cabor Atletik dari 3 total Kabupaten Se – Indonesia,” ucapnya.

Sementara, Kepala Bidang Pembinaan Pemuda Olahraga Disdikpora Buleleng, Putu Pasek Sujendra menyambut baik program yang dilakukan Kemenpora RI tersebut di Buleleng dan Pemkab Buleleng sepenuhnya akan memberikan dukungan untuk pencarian bakat atau bibit. 

“Disdikpora Kabupaten Buleleng sudah mempersiapkan 20 orang trainer terdiri dari 10 dari PASI  Kabupaten Buleleng dan 10 orang dari Ikatan Guru Olahraga Nasional Kabupaten Buleleng,” ujarnya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemenpora bekerjasama dengan Dinas Pendidikan  Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng serta KONI Kabupaten Buleleng  ini menjadi langkah awal pemerintah daerah untuk membina dan mengarahkan bakat untuk kedepan dapat berkiprah di bidang olahraga sesuai dengan bakat masing-masing.

Menurut rencana, dari Kamis 16 sampai dengan Sabtu 18 November 2023 diadakan Talent Identification Cabor Atletik bertempat di GOR Bhuana Patra Singaraja dengan instruktur pusat terdiri dari Wenny D Pangerapan selaku Staf Asdep Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi dan Dr. Budi Aryanto,  Dr. Sujarwo, Dr. Ernawan dari Dosen Universitas Negeri Yogyakarta.

Editor: Robby

Reporter: bbn/bul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami