search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Cuaca Panas di Bali Akhir-akhir Ini, BMKG Sebut Suhu Udara Masih Normal
Selasa, 25 April 2023, 17:03 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/Cuaca Panas di Bali Akhir-akhir Ini, BMKG Sebut Suhu Udara Masih Normal.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Kondisi suhu udara di Bali dari data pengamatan BMKG terakhir dinilai masih normal dengan suhu minimum 23 derajat dan maksimum 34 derajat.

 

Prakirawan Balai Besar Meteorologi Klimatologi Geofisika (BBMKG) Wilayah III, I Wayan Wirata memaparkan panas yang terjadi di wilayah Bali disebabkan karena wilayah Bali sudah memasuki musim kemarau. Cuaca panas dan gerah saat ini, menurutnya dipengaruhi oleh masa udara yang bergerak dari Benua Australia menuju Benua Asia yang melewati Indonesia. 

Kondisi masa udara yang berasal dari Benua Australia cenderung kering. Saat melewati Indonesia khususnya Bali, cenderung menghasilkan kondisi yang lebih panas dari biasanya.

"Kondisi langit beserta keberadaan awan. Jika langit cerah dan tidak berawan maka akan terjadi suhu tinggi atau panas," jelasnya, Selasa (25/4/2023) di Badung.

Berdasarkan data dari 4 stasiun pengamatan di Bali, per 24 April 2023, suhu udara berkisar 23 - 34C. "Ini masih dalam rentang normalnya," katanya.

Dirinya menyebutkan, rata-rata suhu udara maksimum berdasarkan 4 pengamatan stasiun di Bali pada April 2023 berkisar antara 30.5 - 32.7 C dan itu masih kategori normal. 

"Suhu udara dikatakan ekstrem jika mengalami kenaikan 3 derajat celcius di atas rata - rata nya. Hal ini menyebabkan radiasi Matahari tidak terhalang dan bisa masuk ke permukaan Bumi," paparnya.

Dirinya mengimbau, masyarakat, menggunakan pelindung agar tidak terpapar langsung sinar matahari seperti tabir surya, topi, payung, jaket saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Selain itu mengonsumsi air mineral dan diimbangi dengan buah dan sayuran serta Menggunakan pakaian yang longgar dengan bahan yang mudah menyerap keringat.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami