search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Demo Covid Makin Besar di Cina, Warga Bawa Kertas Putih
Senin, 28 November 2022, 08:04 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Demo Covid Makin Besar di Cina, Warga Bawa Kertas Putih

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Ratusan orang turun ke jalan di kota-kota besar di Cina pada Minggu (27/11) sambil protes terhadap kebijakan penanganan Covid-19 dari pemerintah. Cara keras pemerintah telah membuat publik frustrasi yang semakin lelah dengan lockdown, karantina berkepanjangan dan kampanye tes Covid-19.

Kebakaran mematikan pada dua hari lalu di Urumqi, ibu kota Xinjiang, juga semakin menyulut kemarahan warga. Banyak pihak merasa lockdown membuat upaya penyelamatan terhambat hingga 10 orang meninggal dunia.

AFP memberitakan setidaknya 400 orang berkumpul di tepi sungai di Beijing selama beberapa jam. Sebagian di antaranya berteriak, "Kami semua orang Xinjiang! Ayo orang China!"

Berdasarkan reportase langsung di lokasi dikatakan kerumunan massa menyanyikan lagu kebangsaan dan mendengarkan pidato. Sementara di sisi lain sungai barisan polisi menunggu.

Mobil-mobil di jalanan membunyikan klakson sebagai dukungan ketika orang-orang tetap berada di area itu hingga dini hari, meneriakkan dan melambaikan lembaran kertas kosong yang melambangkan penyensoran.

Otoritas setempat memblokiri lalu lintas, sekitar 100 petugas berpakaian preman dan polisi tiba di tempat kejadian. Pengunjuk rasa akhirnya membubarkan diri usai petugas berjanji tuntutan mereka akan didengar.

Sementara itu di kota metropolis terbesar di Cina, Shanghai, polisi bentrok dengan demonstran ketika petugas berupaya memindahkan kerumunan dari lokasi demo lain.

Sebagian orang yang protes menyerukan agar Presiden Cina Xi Jingping turun dari jabatannya. Ratusan orang mendatangi area itu sambil membawa kertas kosong dan bunga yang terlihat seperti protes sunyi.

Sejumlah orang ditangkap kepolisian ketika massa diminta meninggalkan lokasi.(sumber: cnnindonesia.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami