search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dosen Triatma Mulya Gagas Paket Wisata VR di Desa Perancak
Selasa, 4 Oktober 2022, 14:15 WITA Follow
image

beritabali/ist/Dosen Triatma Mulya Gagas Paket Wisata VR di Desa Perancak.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Dosen Universitas Triatma Mulya berhasil memperoleh pendanaan untuk kategori Pengabdian Kepada Masyarakat Kompetitif Nasional dengan skema Program Kemitraan Masyarakat Tahun Pelaksanaan 2022. 

Adapun judul kegiatan yang didanai oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini adalah PKM Pengelolaan Objek Wisata Melalui Pengemasan Paket Wisata Berbasis Virtual Reality Tour di Desa Wisata Perancak. 

Program pendanaan ini dilaksanakan oleh tim pelaksana PKM Universitas Triatma Mulya, yaitu sebagai ketua adalah Ida Bagus Kade Dwi Suta Negara, S.Kom., M.T., sedangkan untuk anggota pelaksananya adalah L K Herindiyah Kartika Yuni, S.ST.Par, M.Par dan I Nengah Juniawan, S.Kom., M.M.. Pelaksanaan program ini dilakukan dari bulan Januari hingga bulan September tahun 2022.
 
Salah satu destinasi wisata yang ada di Bali adalah Desa Wisata Perancak di Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana. Objek wisata Desa Perancak di Jembrana atau kawasan Bali Barat belum begitu populer menjadi tujuan wisata ataupun tur bagi wisatawan yang sedang liburan ke pulau Dewata Bali, walaupun pesona wisata yang ditawarkan sangat menarik untuk dinikmati. 

Pada era New-Normal akibat dari Pandemi Covid-19 serta perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat pengelolaan objek wisata harus disesuaikan dengan perkembangan tersebut. 

Pengelolaan objek wisata harus dikemas dengan baik dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk Pandemi Covid-19. Sedangkan dari aspek teknologi harus dikembangkan virtual tour untuk mengenalkan objek Desa Wisata Perancak sehingga calon wisatawan bisa memperoleh gambaran objek wisata yang akan dikunjungi. 

Permasalahan yang dihadapi mitra dalam mengelola Desa Wisata Perancak adalah pada bidang produksi yaitu pengemasan dan pemasaran paket wisata. Tahapan pelaksanaan kegiatan dalam program ini adalah meliputi identifikasi permasalahan mitra, analisa permasalahan, pelaksanaan program, dan pendampingan dan monitoring. 

Secara umum pelaksanaan program kemitraan masyarakat ini berjalan sesuai dengan rencana, hal tersebut dibuktikan dengan hasil kuisioner mitra program ini menjawab puas dengan pelaksanaan program ini.

Editor: Robby

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami