search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Gubernur AS ke Taiwan, Lagi-Lagi 'Main Api' Lawan China
Rabu, 31 Agustus 2022, 16:23 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Gubernur AS ke Taiwan, Lagi-Lagi 'Main Api' Lawan China

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Belum reda amarah China, kini gubernur salah satu daerah di Amerika Serikat kembali berkunjung ke Taiwan pada Selasa (30/8). Gubernur Arizona, Doug Ducey, berkunjung ke Taiwan di sela lima hari tur kerjanya di kawasan Asia. Setelah ke Taiwan, Ducey dijadwalkan bertolak menuju Korea Selatan.

"Arizona memiliki hubungan yang bagus dengan Taiwan dan Republik Korea," kata Ducey, seperti dikutip WION.

Ia kemudian berujar, "Tujuan misi perdagangan ini adalah untuk meningkatkan hubungan ke level selanjutnya."

Dalam tur Asia ini, Ducey memang berfokus ke isu ekonomi. Di Taiwan, Ducey akan bertemu dengan Presiden Tsai Ing Wen dan Menteri Luar Negeri Joseph Wu untuk urusan bisnis.

Kementerian Luar Negeri Taiwan menyatakan kunjungan tahunan Gubernur Arizona ini untuk mempromosikan peluang investasi dan perdagangan, demikian dilaporkan Focus Taiwan.

Menurut laporan TASS, politikus AS itu juga akan bertemu dengan sejumlah perusahaan industri semikonduktor dan perguruan tinggi. Pengamat menilai kunjungan politikus Partai Republik itu akan menambah ketegangan antara AS dan China.

China sudah murka saat ketua Dewan Perwakilan AS, Nancy Pelosi, ke Taiwan pada 2 Agustus lalu.

Beijing sebelumnya sudah memperingatkan Washington untuk membatalkan rencana itu. Mereka menganggap AS "bermain api" dalam isu Taiwan.

Di hari saat Pelosi tiba, China mengumumkan latihan militer besar-besaran. Setelah itu, mereka terus mengerahkan berbagai kekuatan militer di sekitar Taiwan.

Belum reda kemarahan China ke AS, mereka kembali dibuat geram atas kunjungan Kongres ke Taiwan pada 14 Agustus. Sepekan kemudian, yakni pada 21 Agustus, Gubernur Indiana, Amerika Serikat, Eric Holcomb, juga berkunjung ke Taiwan.

Dalam kunjungan itu, Holcomb bertemu dengan pejabat pemerintah, pelaku bisnis, dan akademisi untuk memperkuat kerja sama di bidang ekonomi dan pendidikan.

Ia juga bertemu dengan Tsai Ing Wen. Dalam pertemuan tersebut, pemimpin pulau itu mengatakan Taiwan adalah sekutu kunci di bidang keamanan dan ekonomi di kawasan Indo-Pasifik.

China kerap murka dengan pihak-pihak yang mencampuri urusan Taiwan. Beijing menganggap pulau itu bagian dari wilayahnya. Namun, Taiwan gigih ingin melepaskan diri.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami