search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Gilimanuk
Senin, 15 April 2024, 16:10 WITA Follow
image

beritabali/ist/Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Gilimanuk.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Puncak arus balik Lebaran ke Bali diprediksi terjadi pada Minggu dan Senin, 15 April 2024. Lonjakan pengguna jasa Pelabuhan, baik pemudik maupun wisatawan (dua arah), terpantau padat di malam hari. 

Untuk mengurai kepadatan kendaraan, kapal perbantuan dengan kapasitas jumbo tetap dioperasikan selama arus balik Lebaran tahun ini. Ada 41 ribu orang yang masuk Bali setelah Lebaran, setiap harinya.

Menurut data yang diperoleh dari ASDP Cabang Ketapang, pada H+1 Lebaran atau Jumat, 12 April 2024 kemarin, tercatat ada 34.025 orang yang masuk Bali via Pelabuhan Gilimanuk

Dari jumlah tersebut, kendaraan roda dua sebanyak 3.980 unit dan kendaraan kecil (roda empat pribadi) sebanyak 3.867 unit. Sementara pada H+2 atau Sabtu, 13 April kemarin, tercatat ada 41.725 orang masuk Bali dengan total 11.158 unit kendaraan.

Sementara, orang keluar Bali pada H+1 Lebaran tercatat sebanyak 28.926 orang yang didominasi oleh kendaraan kecil atau roda empat sebanyak 3.913 unit. Dan pada H+2 atau Sabtu, 13 April, tercatat ada 33.138 orang keluar Bali dengan jumlah kendaraan sebanyak 7.216 unit.

Pengawas Satuan Pelayanan (Wasatpel) Pelabuhan Kelas I Pelabuhan Gilimanuk, I Made Ria Fran Dharma Yudha mengatakan, secara umum situasi dan kondisi di Pelabuhan Gilimanuk terbilang aman dan lancar. 

Wisatawan yang hendak balik dari Bali dan pemudik yang hendak masuk Bali aktivitasnya sudah mulai terlihat sejak Sabtu, 13 April 2024 kemarin.

"Pergerakan (kendaraan dan orang) pengguna jasa Pelabuhan lebih banyak di malam hari. Tapi kondisinya padat namun mengalir," kata Yudhai Senin (15/04/2024).

Dia melanjutkan, untuk prediksi puncak arus balik pasca Lebaran 2024 ini diprediksi bakal terjadi Minggu, 14 April, dan Senin, 15 April 2024. Sebab, hari libur rangkaian Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah ini telah usai, Senin (15/4/2024). Sehingga, pada Selasa, aktivitas seperti perkantoran dan sekolah mulai normal kembali.

"Prediksi kita mulai kemarin. Tapi untuk puncaknya malam ini dan besok yang ramai. Karena Selasa aktivitas sudah normal lagi, liburannya telah usai," ungkapnya.

Selama arus balik, kata dia, pola operasi kapal masih tergolong normal. Ada 31 kapal dengan pola 8 trip diterapkan hari ini, Minggu, 14 April 2024. Sementara untuk kapal perbantuan dengan kapasitas jumbo juga masih dioperasikan untuk mengurai kepadatan lalu lintas mengantisipasi kemacetan khususnya di Dermaga MB IV Pelabuhan Gilimanuk.

"Sementara untuk cuaca juga masih sangat mendukung. Serta aktivitas bongkar muat juga lancar," tandasnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/jbr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami