search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Iran-AS Saling Tukar Tahanan Usai Dana Rp92 T Milik Teheran Cair
Selasa, 19 September 2023, 09:11 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Iran-AS Saling Tukar Tahanan Usai Dana Rp92 T Milik Teheran Cair

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Iran membebaskan lima warga Amerika Serikat yang selama ini dalam penahanan pada Senin (18/9).

Sumber yang mengetahui detail kesepakatan ini menuturkan sebuah pesawat Qatar telah membawa lima warga AS itu untuk diterbangkan ke Doha. Kelima warga AS itu termasuk seorang pengusaha dan aktivis konservasi.

"Sebuah pesawat Qatar telah lepas landas bersama lima tahanan dan dua kerabatnya didampingi oleh duta besar Qatar," kata sumber informasi tersebut yang berbicara dengan syarat anonim kepada AFP.

Pejabat Gedung Putih mengonfirmasi pertukaran tahanan ini dengan Iran.

Pejabat tersebut juga mengatakan sebagai balasan, Presiden Joe Biden telah memberikan pengampunan dan membebaskan lima warga Iran yang dipenjara atau uang tengah menunggu masa persidangan atas kejahatan non-kekerasan.

Menurut media Iran, dua warga Iran yang dibebaskan AS telah tiba di Doha, Qatar. Sementara itu, tiga warga Iran lainnya memilih tetap tinggal di Negeri Paman Sam atau negara ketiga.

Iran dan AS sepakat "bertukar" tahanan setelah pencairan dana US$6 miliar atau Rp92,2 triliun milik Teheran di bank Qatar. Dana tersebut didapat Iran dari menjual minyak ke Korea Selatan beberapa tahun lalu.

Namun, dana itu segera dibekukan Korsel setelah AS atas perintah presiden saat itu, Donald Trump, kembali menerapkan sanksi terhadap Iran.

Gubernur bank sentral Iran mengatakan Teheran sempat meminta ganti rugi dari Korsel karena menahan dana tersebut. Dana Rp92,2 triliun itu disimpan di enam rekening Iran di dua bank Qatar.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami