search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jet Tempur AS Cegat Empat Pesawat Rusia di Dekat Alaska
Rabu, 15 Februari 2023, 06:28 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Jet Tempur AS Cegat Empat Pesawat Rusia di Dekat Alaska

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara (NORAD) AS-Kanada mengatakan dua pesawat tempur F-16 Amerika Serikat mencegat empat pesawat Rusia di dekat Alaska. Pencegatan terhadap pesawat-pesawat Rusia, termasuk pembom Tu-95 dan pesawat tempur Su-35, terjadi Senin (13/2).

"Pesawat Rusia tetap berada di wilayah udara internasional dan tidak memasuki wilayah udara kedaulatan Amerika atau Kanada," katanya, Selasa (14/2), dikutip dari AFP.

Menurut NORAD, aktivitas itu "terjadi secara teratur dan tidak dilihat sebagai ancaman, juga tidak dianggap sebagai aktivitas provokatif."

Pesawat tempur AS yang ditempatkan di Amerika Utara melihat tindakan ofensif yang jarang terjadi bulan ini, menembak jatuh balon mata-mata Cina dan tiga benda tak dikenal.

Sebelumnya AS menembak balon mata-mata yang terbang selama berhari-hari dari Alaska menuju Carolina Selatan. Balon ditembak jatuh di lepas pantai timur AS pada pekan lalu.

AS telah berkomunikasi dengan Cina mengenai dugaan balon pengintai yang ditembak jatuh pada 4 Februari lalu, usai ditolak berhari-hari.

"Sudah ada komunikasi dengan Republik Rakyat Cina [RRC] terkait balon yang terbang tinggi," kata Asisten Menteri Pertahanan Melisa Dalton pada Minggu (12/2), seperti dikutip AFP.

Menyoal balon itu, Cina menegaskan benda tersebut merupakan pesawat sipil yang digunakan untuk penelitian terutama terkait meteorologi.

Namun, seorang pejabat Kementerian Luar Negeri AS menuding balon mata-mata itu di bawah kendali Tentara Pembebasan Rakyat yang dikirim untuk mengumpulkan informasi intelijen negara.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami