search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Korban Tewas Gempa Taiwan Jadi 9 Orang, 900 Luka-Luka
Kamis, 4 April 2024, 10:57 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Korban Tewas Gempa Taiwan Jadi 9 Orang, 900 Luka-Luka

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Sedikitnya sembilan orang tewas dan lebih dari 900 orang luka-luka imbas gempa bumi bermagnitudo 7,7 yang melanda Hualien, Taiwan, Rabu (3/4).

Otoritas melaporkan setidaknya 50 staf hotel hilang dalam perjalanan ke hotel di taman nasional Taroko Gorge. Tim penyelamat masih berupaya menemukan seluruh staf tersebut.

Melansir AFP, puluhan orang saat ini juga masih terjebak akibat tanah longsor di sejumlah terowongan sekitar gunung. Tim masih kesulitan menjangkau mereka namun meyakini seluruhnya dalam keadaan aman.

Berdasarkan laporan Reuters, otoritas pemadam kebakaran telah menyelamatkan 70 orang yang terjebak di beberapa terowongan dekat Hualien. Dua di antaranya merupakan warga negara Jerman.

Selain itu, sebanyak 80 orang juga hingga kini masih terjebak di sebuah area pertambangan. Kendati begitu, tidak diketahui apakah mereka berada di dalam tambang atau tidak.

Gempa berkekuatan M 7,7 mengguncang Kota Hualien, Taiwan, sekitar pukul 08.00 pagi waktu setempat. Menurut catatan Survei Geologi AS (USGS), pusat gempa berada di 18 kilometer selatan Hualien. Gempa ini berkedalaman 34,8 kilometer.

Gempa ini terasa hingga ke sejumlah negara seperti Jepang, Filipina, serta beberapa wilayah China.

Di Jepang, guncangan sempat memicu peringatan tsunami hingga setinggi tiga meter. Otoritas setempat sampai mengimbau evakuasi warga di wilayah pesisir, terutama di Okinawa.

Tsunami kecil setinggi 0,3 meter bahkan telah tiba di Pulau Yonaguni, barat daya Jepang. Saat ini otoritas Jepang telah mencabut peringatan tsunami. (sumber: cnnindonesia.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami