search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Lulusan Fresh Graduate Galau, Begini Strategi Rai Mantra, Ketua Alumni Unud
Sabtu, 2 Desember 2023, 18:07 WITA Follow
image

beritabali/ist/Lulusan Fresh Graduate Galau, Begini Strategi Rai Mantra, Ketua Alumni Unud.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Ketua Umum Pusat Ikatan Alumni Universitas Udayana (Ikayana) Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra mempunyai strategi bagi lulusan Universitas Udayana (Unud) yang baru (frest graduate) agar memiliki keteguhan atau orientasi apakah mereka kemudian masuk di dunia kerja, usaha, maupun melanjutan studi lewat beasiswa.

Hal ini dinilai penting, karena menurutnya agar lebih siap dalam menghadapi bonus demografi tahun 2030.  

"Apalagi mereka harus menghadapi bonus demografi tahun 2030, ini ngga panjang waktunya lagi 7 tahun. Ini yang perlu dibantu untuk mengatasi pemikiran mereka yang goyah atau ada keteguhan dalam memilih dunia mereka," katanya usai acara pelantikan Pengurus Pusat Ikayana Periode 2023-2027 dan Musplenus yang digelar di Aula Gedung Pascasarjana Universitas Udayana, Sabtu (2/12). 

Untuk itu, pihaknya sedang melakukan kerja sama atau memformat ulang (co branding) Ikayana dengan perbankan BNI'46 dan Pemkot Denpasar. Nantinya semua kebutuhan lulusan baik yang baru atau yang sudah lama bisa difasilitasi baik itu untuk kerja magang, menjadi wirausaha atau melanjutkan kuliah.

"Bahkan bisa mengelola dunia pensiun, BNI memberikan alternatif pengelolaan dana, kegiatan seperti itu, kita sedang membuat rumah besar di Ikayana untuk mengelola kebutuhan hidup anggota," ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut juga terealisasi kerja sama antara Ikayana dengan Universitas Udayana selaku almamater, Pemerintah Kota Denpasar, serta BNI Wilayah Bali. 

“Kedepan kolaborasi dan sinergitas akan sangat diperlukan dalam mendukung program kerja Ikayana, sehingga kita bentuk sebuah ekosistem yang memberikan kemanfaatan bersama, yang muaranya adalah kemajuan sebuah institusi ataupun sebuah instansi, terutama dalam merancang dan mengevaluasi kebijakan dan program kerja secara akademik,” ujarnya.

Rektor Universitas Udayana, Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT.,Ph.D, dalam sambutannya juga mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus Ikayana Periode Tahun 2023-2027 yang baru dikukuhkan. Pihaknya berharap, kedepan Ikayana terus membangun sinergi bersama Universitas Udayana selaku almamater. Sehingga mampu memberikan dukungan terhadap kemajuan pendidikan di Universitas Udayana. 

“Kami mengajak seluruh pengurus Ikayana untuk bersinergi kembali, Ikayana berperan dalam mencintai almamater, terutama dalam melaksanakan evaluasi dan pengembamgan institusi di lingkungan Universitas Udayana,” ujar Ngakan Suardana.

Sementara Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat membacakan sambutan Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengucapkan selamat atas terpilih dan dilantiknya Pengurus Pusat Ikayana Masa Bakti 2023-2027. Dimana, kepengurusan baru ini diharapkan dapat menjalankan tugas dan kewajiban secara profesional, inovatif dan bertanggung jawab dengan mengedepankan sinergitas dan kolaboratif untuk lebih memajukan organisasi.

Kedepan, kata Arya Wibawa, Ikayana diharapkan juga mampu menyusun serta merealisasikan program yang mampu menumbuhkan kecintaan dan nilai tambah pada anggotanya. Selain itu pengurus baru juga dapat senantiasa mendukung pelaksanaan program almamater terutama yang berkaitan dengan tri dharma perguruan tinggi. Pihaknya juga berharap, keberadaan Ikayana  dapat berkontribusi bagi pembangunan dan dalam kehidupan bermasyarakat. 

“Kami optimis, ketua dan para pengurus Ikayana yang dilantik hari ini, akan senantiasa bekerja sama dan berkontribusi untuk kemajuan daerah dan bangsa ini. Dengan semangat Vasudaiva Kutumbakam mari kita bersatu membangun Bali khususnya Kota Denpasar serta mampu menghadirkan berbagai inovasi baru untuk masa depan Indonesia yang lebih baik lagi,” ujarnya. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami