search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Mahfud MD: Biang Al Zaytun Sudah Ditangani, Namanya Panji Gumilang
Rabu, 5 Juli 2023, 00:30 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Mahfud MD: Biang Al Zaytun Sudah Ditangani, Namanya Panji Gumilang

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Menko Polhukam Mahfud MD meminta polemik terkait pondok pesantren Al Zaytun tak usah dibesarkan lantaran biang keladi persoalan ini yakni pengasuhnya Panji Gumilang sudah ditangani.

"Tak usah dibesar-besarkan karena biangnya di orang namanya Panji Gumilang. Ini udah ditangani," kata Mahfud di Istana Wakil Presiden dikutip di kanal YouTube Wakil Presiden RI, Selasa (4/7).

Mahfud menjelaskan pemerintah telah memilih tiga langkah dalam menangani polemik Al Zaytun. Pertama, kata Mahfud, aparat akan melakukan dakwaan kepada perseorangan yang diduga melakukan pelbagai tindak pidana dari banyak laporan.

"Dan sekarang sudah mulai masuk ke penyidikan, sudah gelar perkara. Tinggal beberapa waktu ke depan penersangkaan, sesudah penersangkaan kan dan pendakwaan. Lalu penuntutan dan vonis, pidana terhadap orang," kata Mahfud.

Langkah kedua, Mahfud mengatakan institusi Al Zaytun akan diselamatkan dan dibina oleh Kemenag. Ia mengatakan lembaga ini akan dibina sesuai visi dan misi yang tertulis di Pesantren Al Zaytun. Karenanya, ia berharap tak ada lagi pelbagai kegiatan terselubung yang tak sesuai peraturan perundang-undangan.

"Tak boleh ada kegiatan terselubung dan penyisipan kegiatan-kegiatan yang tak sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Lembaga pendidikan Al Zaytun, pesantren dan sekolah itu akan dibina di bawah pengawasan Kemenag," kata dia.

Upaya terakhir, Mahfud mengatakan pemerintah akan menjaga tertib sosial dan keamanan di kawasan Al Zaytun. Nantinya, upaya ini akan dikoordinasikan oleh Gubernur Jabar dan aparat keamanan setempat.

"Bersama aparat vertikal setempat. Mungkin Polda, lalu Kabinda, TNI udah pasti," kata Mahfud.

Pesantren Al Zaytun belakangan ini menjadi sorotan lantaran diduga mengajarkan ajaran menyimpang dari ajaran Islam. Pesantren ini terus menjadi pembicaraan sejak beredar video saf Salat Id campur antara perempuan dan laki-laki pada April lalu.

Buntutnya, pimpinan pesantren ini, Panji Gumilang dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh Ketua Forum Advokat Pembela Pancasila Ihsan Tanjung terkait kasus dugaan penistaan agama ke Bareskrim Polri.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami