search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Menhan Cina Bertemu Kepala Angkatan Laut Rusia di Beijing
Selasa, 4 Juli 2023, 09:05 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Menhan Cina Bertemu Kepala Angkatan Laut Rusia di Beijing

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Menteri Pertahanan Cina, Li Shangfu, bertemu dengan kepala Angkatan Laut Rusia, Nikolai Yevmenov, di Beijing ketika perang di Ukraina masih terus berkecamuk.

Kementerian Pertahanan Cina menyatakan bahwa Li bertemu dengan Yevmenov pada hari ini, Senin (3/7).

Dalam pertemuan itu, Li mengatakan kepada Yevmenov bahwa ia berharap angkatan laut kedua negara dapat memperkuat komunikasi di semua level.

Ia juga berharap AL Rusia dan Cina dapat menggelar latihan dan patroli bersama secara rutin.

"[Cina dan Rusia harus] memberikan kontribusi positif untuk menjaga perdamaian serta stabilitas kawasan dan dunia," tutur Li, seperti dikutip AFP.

Senada, Yevmenov juga mengatakan kedua negara harus "melanjutkan perluasan pertukaran di semua level di dalam masing-masing angkatan laut."

Ia menegaskan kedua negara harus "terus mendorong hubungan kedua militer ke tingkat lebih tinggi."

Ini merupakan pertemuan pejabat paling tinggi antara Rusia dan Cina setelah kelompok tentara bayaran Wagner Group melancarkan serangan pemberontakan di Moskow.

Beijing pun menegaskan mereka mendukung Moskow dalam "menjaga stabilitas nasional."

Selama ini, Cina sendiri sebenarnya selalu memosisikan diri sebagai pihak netral di dalam kisruh perang antara Rusia dan Ukraina.

Meski demikian, negara-negara Barat mengkritik Cina karena Negeri Tirai Bambu tak pernah mengecam Rusia atas invasinya di Ukraina. Hubungan ekonomi dan diplomatik antara Rusia-Cina bahkan makin erat usai invasi.

Kepala staf angkatan bersenjata Rusia, Valery Gerasimov, mengatakan pada bulan lalu bahwa kerja sama militer kuat negaranya dengan Cina menciptakan stabilitas di seluruh dunia.(sumber: cnnindonesia.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami