search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Museum Lontar Dukuh Penaban Gagas Jambore Bahasa Bali
Senin, 21 Mei 2018, 07:50 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com.Karangasem, Meseum Lontar garapan Desa Dukuh Penaban, Karangasem semakin menggeliat. Berbagai inovasi dan terobosan terus digencarkan seperti yang sedang dirancang saat ini, yakni jambore Bahasa Bali.
 
[pilihan-redaksi]
Seperti yang dituturkan oleh Bendesa Adat Dukuh Penaban, I Nengah Suarya. Saat ini, pihaknya tengah merancang Jambore Bahasa Bali yang akan melibatkan peserta dan para penyuluh bahasa Bali dari seluruh Bali.
 
"Ya kita sedang merancang jambore bahasa bali di museum," ujarnya.
 
Sementara itu, Suarya juga mengakui bahwa antusiasme peserta yang ingin mengikuti jambore ini cukup tinggi. Sekitar 1000 orang peserta mendaftar namun karena tempat yang tidak memadai jadi hanya 500 orang saja yang bisa ikut. Jambore sendiri rencananya akan dilaksanakan pada bulan Desember yang akan datang. 
 
Selepas dari perencanaan kegiatan tersebut, rupanya pihak Musium Lontar Dukuh Penaban juga sedang menjalin kerja sama dengan Universitas Malbern, Australia terkait perbandingan tempat atau kotak penyimpanan lontar mana yang lebih efisien kotak yang terbuat dari kayu atau dari bahan yang dirancang oleh universitas yang disebut dengan kertas basa.
 
Kertas basa sendiri diyakini mampu menahan bakteri maupun rayap yang bisa merusak lontar itu sendiri kemungkinan lebih bagus ketimbang menggunakan kayu biasa. Untuk itu, dapi pihak museum dan universitas akan saling bertukar ilmu untuk mencari manakah yang lebih bagus, kertas basa atau kotak dari kayu. (bbn/igs/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami