search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pernyataan Lengkap Menpora Usai World Beach Games 2023 Batal
Rabu, 5 Juli 2023, 13:05 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Pernyataan Lengkap Menpora Usai World Beach Games 2023 Batal

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memberikan pernyataan setelah World Beach Games (WBG) 2023 batal digelar.

Ajang ini sejatinya akan berlangsung di Bali, 5-12 Agustus 2023. Namun pada akhirnya dibatalkan dengan alasan Bali menarik diri karena tidak ada dana dari pemerintah.

Menpora turut menyesalkan pembatalan memastikan pembatalan World Beach Games 2023. Ia juga sekali memastikan kesiapan pemerintah menyambut event internasional ke depan usai WBG 2023 gagal terlaksana.

Berikut pernyataan lengkap dari Menpora Dito Aritotedjo terkait batalnya World Beach Games 2023:

1. Pemerintah turut menyesalkan pembatalan pelaksanaan ANOC World Beach Games yang sejatinya mampu meningkatkan gairah ekonomi lokal pasca pandemi COVID19.

2. Event internasional sebesar AWBG, walau bukan kalender resmi IOC seperti Olimpiade dan baru kedua kali dilaksanakan oleh anggota-anggota ANOC diyakini bagus untuk Indonesia dari sisi Sport tourism.

3. Pemerintah sedari awal dilaporkan akan menjadi tuan rumah, langsung meminta NOC Indonesia agar melakukan perencanaan dan persiapan seefektif dan efisien mungkin. Karena memang NOC Indonesia yang mengajukan Bali sebagai tuan rumah.

4. Dalam menyusun perencanaan, kemenpora melakukan asistensi bersama BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) dan DJA (Direktorat Jenderal Anggaran) kemenkeu agar menghasilkan rencana anggaran yang sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.

5. Dalam periode yang tidak berbeda jauh, Indonesia juga menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket bersama Jepang dan Filipina. Memang persiapan tuan rumah Piala Dunia bola basket sudah lebih dari 2 tahun sehingga lebih matang.

6. Indonesia selalu siap untuk menjadi host-host event internasional, olahraga maupun event lainnya, dengan pembangunan Infrastruktur dan SDM yang dicanangkan Bapak Presiden hampir 1 dekade ini. Namun memang dalam pelaksanaan event harus ada perencanaan yang matang sehingga kita bisa menjamu tamu dengan baik.

7. Selain perencanaan memang ada beberapa isu lain yang muncul setelah batalnya FIFA World Cup U-20. Tapi untuk kemampuan finansial, bisa dilihat pemerintah selalu siap untuk memberangkatkan kontingen multi event dan juga tidak pernah telat dalam pemberian bonus atlet peraih medali.

8. Khususnya dalam hal anggaran, kemenpora dalam review awal proposal pada bulan Februari 2023 sebelum saya menjabat, memang terjadi gap yang sangat jauh dari pengajuan hampir 1 triliun dan hasil review sebesar 221 miliar. Saat saya mulai menjabat dilakukan review ulang bersama BPKP dan DJA juga sehingga menghasilkan angka 446 miliar.

9. Sekali lagi, mewakili pemerintah, kemenpora sangat menyayangkan pembatalan event ini. Namun kami juga memastikan sangat siap dalam menyambut event-event internasional ke depan seperti Piala Dunia bola basket FIBA, dan Piala Dunia U-17 FIFA.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami