search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Rusia akan Kirim Delegasi untuk World Water Forum Bali
Jumat, 10 Mei 2024, 13:30 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/Rusia akan Kirim Delegasi untuk World Water Forum Bali.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Perwakilan Rusia akan hadir dalam World Water Forum yang akan dilaksanakan di Bali pada 18-25 Mei 2024. Hal ini diungkapkan Wakil Duta Besar Rusia, Veronika Novoseltseva  di Kedutaan Besar Federasi Rusia, Jakarta pada Kamis, 9 Mei 2024.

World Water Forum merupakan pertemuan internasional yang membahas dan merumuskan kebijakan tata kelola air dan sanitasi dunia. Forum yang akan dilaksanakan ke-10 ini bertema “Water for Shared Prosperity”.

Forum ini diadakan setiap tiga tahun sekali dengan mengundang pemerintahan, akademisi, NGO, swasta, ataupun water communities lainnya.
Novoseltseva mengatakan, Rusia akan ikut berpartisipasi dalam acara tersebut dengan mendatangkan delegasinya.

“Ya, ada delegasi dari Rusia yang cukup besar. Sepertinya ada dua kelompok, satu dari pemerintah Rusia dan satu dari Senat Rusia,” kata Wakil Dubes Novoseltseva.

Pihak yang dikabarkan akan menghadiri forum tersebut pada hari-H, kata Novoseltseva, memiliki jabatan yang tinggi. Diplomat dari kedutaan Rusia juga dikatakan akan hadir.

“Kami sangat bersedia untuk berpartisipasi menyumbang sesuai kemampuan kita,” tuturnya lagi.

Sub tema yang akan menjadi pembahasan dalam forum tersebut adalah water security & prosperity, water for humans & nature, disaster risk reduction & management. Kemudian governance, cooperation & hydro-diplomacy, sustainable water finance, dan knowledge & innovation.

Forum internasional ini pertama kali digelar pada 1997 di Kota Marrakesh, Maroko. Kemudian, pada 2000 diadakan di Den Haag, Belanda. 2003 di Jepang, 2006 di Meksiko, 2009 di Istanbul, 2012 di Marseille Prancis, 2015 di Korea Selatan, 2018 di Brasil, dan 2022 di Senegal.

Tujuan dari digelarnya forum ini fokus pada peningkatan nilai strategis air dengan membangun komitmen politik dalam pemajuan manajemen air dan sanitasi (SDGs 6). Selain itu, peningkatan awareness terhadap air sebagai critical concern global. Kemudian, sebagai multi-stakeholder event yang mendiskusikan pengetahuan dalam tata kelola air dan sanitasi. (sumber: medcom.id)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami