search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Rusia Murka Denmark-Belanda Kirim Belasan Jet Tempur F-16 ke Ukraina
Selasa, 22 Agustus 2023, 09:05 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Rusia Murka Denmark-Belanda Kirim Belasan Jet Tempur F-16 ke Ukraina

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Rusia menyebut keputusan Denmark dan Belanda untuk menyumbangkan jet tempur F-16 untuk Ukraina hanya akan semakin meningkatkan konflik.

Pada Minggu (20/8), Denmark dan Belanda mengumumkan akan memasok jet tempur F-16 ke Ukraina, di mana enam unit pertama akan dikirim sekitar awal tahun 2024.

"Fakta bahwa Denmark memutuskan untuk menyumbangkan 19 pesawat F-16 ke Ukraina akan mengarah pada eskalasi konflik," kata Duta Besar Rusia Vladimir Barbin, seperti dilansir Reuters.

Dia menambahkan, "Dengan bersembunyi di balik alasan bahwa Ukraina sendiri harus menentukan kondisi perdamaian, Denmark justru meninggalkan Ukraina tanpa pilihan lain selain melanjutkan konfrontasi militer dengan Rusia."

Usai mengantongi janji pemberian jet tempur F-16 dari Denmark dan Belanda, Ukraina menyebut jet itu akan membantu Kyiv mengakhiri invasi Moskow.

Ukraina mengklaim jet itu penting untuk mengusir pasukan Rusia dari wilayahnya, dalam serangan balasan yang telah diluncurkan sejak awal Juni lalu.

"Keunggulan di udara adalah kunci sukses di darat," ungkap juru bicara Angkatan Udara Ukraina, Yuriy Ihnat.

Menteri Pertahanan Denmark, Jakob Ellemann-Jensen menegaskan Ukraina hanya diizinkan menggunakan F-16 yang disumbangkan di dalam wilayah udaranya sendiri.

"Kami menyumbangkan senjata dengan syarat digunakan untuk mengusir musuh dari wilayah Ukraina, dan tidak lebih dari itu.

Denmark diketahui bakal mengirimkan total 19 jet, sementara Belanda memiliki 42 unit F-16 namun belum memutuskan apakah semuanya akan disumbangkan untuk Kyiv.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menyebut keputusan pengiriman jet tempur itu sebagai "perjanjian terobosan".(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami