search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Temuan Bahan Peledak di Delodberawah, Ini Kata Kapolres Jembrana
Jumat, 24 Februari 2023, 11:04 WITA Follow
image

beritabali/ist/Temuan Bahan Peledak di Delodberawah, Ini Kata Kapolres Jembrana.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Seorang warga Desa Delodberawah dikejutkan dengan penemuan benda diduga bahan peledak atau handak di bekas warung milik Alm. Kopka I Nyoman Nerta, seorang anggota TNI yang meninggal dunia tahun 2010 karena sakit, Kamis (23/2/2023) sekitar pukul 18.30 WITA. 

Benda tersebut terdiri dari 2 buah Tabung Pelontar (TP) dengan panjang kurang lebih 25 cm dan diameter kurang lebih 3 cm, 6 butir peluru kaliber 7,62, dan 1 butir anak peluru kaliber 7,62.

Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana, menjelaskan bahwa benda tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang warga Desa Delodberawah bernama I Wayan Gama (67) yang merupakan kakak kandung dari Alm. Kopka I Nyoman Nerta, pada hari Senin tanggal 20 Pebruari 2023. Namun, baru dilaporkan pada hari Kamis tanggal 23 Februari 2023 sekitar pukul 18.30 WITA.

Menurut Kapolres, I Wayan Gama menceritakan bahwa ia menemukan benda diduga handak pada plafon bangunan bekas warung milik adik kandungnya yang sedang dibongkar. Barang tersebut kemudian diamankan di emper dapur dan dilaporkan ke Bhabinkamtibmas Desa Delodberawah yang selanjutnya mengamankan TKP dan melaporkan ke Polsek Mendoyo.

Kapolres Dewa Juliana menjelaskan langkah-langkah yang telah diambil adalah mengamankan TKP dengan memasang Police Line, melaporkan kepada pimpinan, berkoordinasi dengan Unit Jibom Gegana Brimobda Bali, dan meminta keterangan saksi-saksi. Tim Jibom Polda Bali dipimpin oleh AKP Nuryadi bersama 7 anggota tiba di TKP pada sekitar pukul 23.45 s.d. 24.10 Wita. Mereka melakukan pengecekan terhadap benda yang diduga handak dan selanjutnya membungkusnya dengan karung pasir.

Pada Jumat tanggal 24 Februari 2023 pukul 05.00 WITA, Tim Jibom Gegana Sat Brimobda Bali mengevakuasi benda yang diduga handak ke Lapangan Tembak Desa Belimbingsari, Kec. Melaya. Pukul 06.00 WITA, tim melakukan disposal/pemusnahan di lapangan tersebut. Selama kegiatan tersebut berlangsung dengan aman dan lancar.

Dalam rangkaian disposal tersebut, pada pukul 06.20 WITA dilaksanakan tembakan peringatan sebanyak 2 kali sebagai peringatan kepada masyarakat sekitar. Pukul 06.37 WITA dilaksanakan disposal (pemusnahan) TP (Tabung Pelontar) jenis Rifle Grenade (ARP-RFL-40) dengan jarak ±200 meter.

Editor: Robby

Reporter: bbn/jbr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami