search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tips Hindari Penipuan Lowongan Mengatasnamakan Tokopedia
Senin, 25 Juli 2022, 09:42 WITA Follow
image

bbn/kompas.com/Tips Hindari Penipuan Lowongan Mengatasnamakan Tokopedia

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Head of Recruitment Tokopedia, Lita Rosalia mengungkapkan bahwa penipuan lowongan pekerjaan mengatasnamakan Tokopedia kerap kali terjadi. Untuk itu ia menyampaikan beberapa tips untuk menghindarinya.

Tips pertama, kata Lita, masyarakat perlu memastikan lowongan pekerjaan diumumkan di kanal resmi. Di Tokopedia, lowongan pekerjaan bisa dicek di situs resmi Tokopedia, Instagram @InsideTokopedia atau akun LinkedIn Tokopedia.

Tips kedua, lanjut dia, yakni Tokopedia hanya akan mengirimkan email dari domain @tokopedia.com

"Harap waspada apabila menerima email dari domain lain, seperti @tokopedia.co.id, @gmail.com dan lain-lain karena itu pasti bukan dari Tokopedia,” ujar Lita dalam keterangan resminya, Minggu (24/7/2022).

Lita menambahkan kalau pelamar kerja mesti berhati-hati dengan link phising. Link phising atau penipuan ini kerap kali ditemukan dari email, SMS, WhatsApp atau kanal lainnya.

"Jangan asal klik link yang diterima melalui pesan dari perekrut yang mengatasnamakan Tokopedia. Pastikan dahulu perekrut adalah betul dari pihak Tokopedia," kata Lita.

Ia turut mengungkapkan kalau Tokopedia tidak pernah memungut biaya apapun selama proses rekrutmen.

"Hati-hati jika ada pihak yang mengatasnamakan Tokopedia dan meminta biaya saat proses perekrutan. Proses rekrutmen di Tokopedia 100 persen gratis," paparnya.

Lebih lanjut Lita mengatakan kalau Tokopedia tidak pernah mencantumkan nominal gaji saat menawarkan pekerjaan, terlebih lewat pesan singkat.

"Penawaran gaji hanya akan disampaikan saat kandidat lulus dari berbagai tahapan seleksi. Surat penawaran juga akan diberikan lewat email resmi dengan domain @tokopedia.com," jelas dia.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami