search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
TPS di Karangasem Dibongkar, Kiriman Sampah Tetap Menumpuk
Jumat, 3 Maret 2023, 13:22 WITA Follow
image

beritabali/ist/TPS di Karangasem Dibongkar, Kiriman Sampah Tetap Menumpuk.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Kesadaran masyarakat untuk memilah sampah dari sumbernya dinilai masih rendah. Hal itu terlihat dari tumpukan sampah yang terlihat masih berserakan pada bekas lokasi TPS yang telah dibongkar oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karangasem di Jalan Ngurah Rai. 

Pemandangan tersebut tentunya cukup menggangu warga pasalnya selain menimbulkan bau tak sedap juga menimbulkan kesan yang kumuh megingat jalur tersebut merupakan jalur protokol akses perkantoran seperti Gedung DPRD, MDA Karangasem dan RSUD Karangasem.

"Ini TPS nya sudah dibongkar sebelumnya, tetapi hampir tiap hari ada saja yang membuang sampah, sampahnya tidak dipilah dibuang sembarangan begitu saja, " ujar salah seorang petugas DLH yang sedang mengangkut sampah di lokasi tersebut, Jumat (3/3/2023).

Selain di lokasi tersebut, petugas juga mengatakan hal samanterjadi di beberapa TPS yang telah dibongkar lainnya. Namun demikian ada juga dibeberapa lokasi warga mulai memilah sampahnya sebelum dibuang. 

Kadis DLH Karangasem, I Nyoman Tari sebelumnya mengakui bahwa perlu waktu yang tidak sebentar untuk menyadarkan warga masyarakat agar mau memilah sampah berbasis sumbernya. 

Baca juga:
Indikasi Sampah Selundupan, DLH Karangasem Bongkar TPS di Perkotaan

"Kesadaran masyarakat masih sangat kurang, kita akan terus sosialisasikan, kemarin kita suda rapat dengan 3 kelurahan bersama kaling, disana kita juga diminta membongkar TPS yang masih tersisa, kita juga disalahkan kenapa menyiapkan tepat untuk buang sampah sehingga dengan harapan nantinya masyarakat mau memilah sampah dari sumbernya," kata Tari. 

Selain itu, Tari juga mengaku sudah mengelar rapat dengan Satpol PP, dimana akan dilakukan pembinaan dahulu dan menggencarkan sosialisai hingga sampai Mei mendatang.

"Nanti setelah juni mungkin kita akan lebih tegas lagi terkait himbauan agar memilah sampah dari sumbernya ini," ujarnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami