search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Belum Ada Yang Mengaku, Roket Siapa Menabrak Bulan?
Minggu, 3 Juli 2022, 18:48 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Belum Ada Yang Mengaku, Roket Siapa Menabrak Bulan?

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Dua kawah besar di Bulan ditemukan setelah ditabrak oleh roket pada Maret lalu. Lokasinya berada di sisi gelap Bulan dengan masing-masing berdiameter 18 meter dan 16 meter.

 

Adanya kawah ganda itu disebut NASA akibat badan roket memiliki massa yang besar di tiap ujungnya. Sejauh ini menurut laporan belum ada tabrakan yang mampu menghasilkan kawah ganda.

Sebuah roket menghantam Bulan pada 4 Maret 2022, menciptakan dua kawah di permukaan Bulan. Meski begitu baik NASA dan astronom lain belum bisa memastikan roket yang menabrak Bulan berasal dari negara atau perusahaan lain.

"Biasanya roket bekas memiliki massa yang terkonsentrasi di ujung motor: sisa tahap roket khususnya terdiri dari tangki bahan bakar kosong," kata profesor di School of Earth and Space Exploration di Arizona State University NASA, Mark Robinson dikutip Zdnet, Kamis (30/6/2022). "Karena asal usul badan roket belum diketahui pasti, sifat kawah ganda mungkin menunjukkan identitasnya."

New York Times melaporkan adanya spekulasi terkait roket mana yang menabrak Bulan.

 

Menurut perkiraan adalah tahap kedua dari SpaceX Falcon 9. Roket itu diluncurkan pada 2015 atas nama National Oceanic and Atmospheric Administration untuk proyek DSCOVR Deep Space Climate Observatory.

Pengembang software astronomi Project Pluto, Bill Gray menemukan roket pertama kali pada Januari lalu. Berdasarkan hasil pelacakan nya saat mendekati Bulan, dia mengatakan itu adalah bagian Falcon 9.

Namun insinyur NASA mengatakan lintasan peluncuran tidak sesuai dengan orbit roket.(sumber: cnbcindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami