Ekbis

BI Bali Waspadai Masuk Sekolah Tahun Ajaran Baru Pengaruhi Inflasi Juli

 Kamis, 04 Juli 2024, 11:49 WITA

bbn/bbn-mamikos/BI Bali Waspadai Masuk Sekolah Tahun Ajaran Baru Pengaruhi Inflasi Juli.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Berdasarkan rilis BPS Provinsi Bali, perkembangan harga Provinsi Bali pada Juni 2024 secara bulanan cenderung menurun sehingga mengalami deflasi sebesar -0,55% (mtm), lebih dalam dibandingkan bulan sebelumnya yang mengalami deflasi sebesar -0,10% (mtm). 

Secara tahunan, inflasi Provinsi Bali menurun dari 3,54% (yoy) pada bulan sebelumnya menjadi 2,71% (yoy) atau kembali ke kisaran target 2,5% ± 1%. 

"Inflasi Bali yang kembali terjaga dapat terwujud sebagai hasil dari terus berlanjutnya kolaborasi dan sinergi Tim Pengendalian Inflasi Daerah, baik di tingkat provinsi Bali maupun kota atau kabupaten.Inflasi yang terjaga terjadi di seluruh kota sampel inflasi," Jelas, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi (KPwBI) Bali, Erwin Soeriadimadja, Rabu (3/7/2024) di Kota Denpasar, Provinsi Bali.

Secara spasial, Tabanan mengalami deflasi paling dalam yaitu sebesar -1,09% (mtm) atau 1,96% (yoy), diikuti Badung deflasi sebesar -0,63% (mtm) atau 2,75% (yoy), Singaraja deflasi sebesar -0,53% (mtm) atau 2,14% (yoy), dan Denpasar deflasi sebesar -0,32% (mtm) atau 3,18% (yoy). 

"Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau menjadi penyumbang deflasi utama pada Juni 2024," cetusnya.

Sementara, berdasarkan komoditasnya, deflasi terutama bersumber dari penurunan harga bawang merah, tomat, sawi hijau, kubis, dan buncis. 

Penurunan harga bawang merah dan tomat didorong oleh peningkatan pasokan sejalan dengan panen raya di berbagai sentra produksi di Bali seperti wilayah Songan dan Kintamani, serta dari luar Bali terutama Bima NTB. Penurunan harga sawi hijau terjadi seiring dengan panen terjadi di wilayah Bengkel dan Bedugul. 

"Penurunan harga komoditas pangan ini sesuai dengan harga historis ketika panen raya," cetusnya.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending