search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Hari Raya Kuningan, Ungkapan Terima Kasih Atas Anugerah Pengetahuan Suci
Sabtu, 5 Januari 2019, 06:17 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Hari Raya Kuningan merupakan sebuah bentuk ungkapan terima kasih kepada Sang Pencipta dan leluhur. Pada Hari Kuningan kita memohon sekaligus mengucapkan rasa syukur kepada Sang Pencipta  bahwa kita umat manusia telah dituntun  melakukan pembenahan diri atau membangun pengetahuan dalam diri atas tuntunan leluhur. 

Demikian diungkapkan pemerhati budaya Bali Made Nurbawa ketika di konfirmasi di Tabanan pada Jumat (5/1). "Kuningan asal katanya "Kauningan", bisa bermakna "nguningayang" atau mempermaklumkan.
 
Kuningan bisa juga bermakna "kepradnyanan"  atau uning atau tahu atau paham, karena selama 10 hari sejak Galungan kita sebagai umat Hindu sudah melaksanakan tapa yoga atau pembelajaran diri" jelas bapak satu putri tersebut.
 
Menurut Nurbawa, Galungan dan Kuningan adalah satu fase dalam rerainan Bali yang lamanya 10 hari. Selama 10 hari itulah saatnya melakukan pembenahan diri.
 
Mantan komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali ini menyebutkan terdapat satu hal unik terkait Kuningan yaitu penggunaan bahan yang serba berwarna kuning. Namun kalau ditinjau dari warna-warna dalam Padma Bhuana maka kuning identik dengan Dewa Mahadewa. 
 
Dimana Mahadewa artinya Tuhan Hyang Maha Besar atau nama lainnya adalah Siwa. Jadi warna kuning adalah simbul dari puncak kesadaran akan intisari pengetahuan suci. Nurbawa menambahkan tingkat kesadaran yang tinggi juga disimpulkan dengan tumpeng berwarna kuning. "Tumpeng adalah simbul gunung tertinggi Himalaya. Puncak tertinggi pendakian kesadaran akan pengetahuan suci" papar Nurbawa.

Reporter: bbn/mul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami