News

Januari 2023, Dinkes Karangasem Catat 392 Kasus Gigitan Hewan

 Selasa, 28 Februari 2023, 05:20 WITA

bbn/ilustrasi/Januari 2023, Dinkes Karangasem Catat 392 Kasus Gigitan Hewan.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Karangasem. 

Kasus gigitan hewan ke manusia di kabupaten Karangasem terbilang cukup tinggi, dalam sebulan kasus gigitan yang terjadi bahkan mencapai ratusan kali. 

Berdasarkan data yang diperoleh, pada bulan Januari 2023 ini, di Kabupaten Karangasem tercatat telah terjadi sekitar 392 kali kasus gigitan hewan ke manusia. 

Pelaku gigitan tertinggi terhadap manusia paling banyak dilalukan oleh anjing sebanyak 357 kasus, 34 kasus digigit kucing dan 1 kasus digigit monyet. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, dr. I Gusti Bagus Putra Pertama dihubungi, Senin (27/2/2022) mengatakan, atas maraknya kasus gigitan tersebut, ia meminta agar warga selalu berhati - hati sebisa mungkin untuk menghindari gigitan. 

Namun apabila secara tidak sengaja tergigit maka langkah pertama yang haria dilakukan yaitu sesegera mungkin mencuci luka menggunakan diterjen dengan air mengalir. Setelah dicuci agar langsung mendatangi faskes terdekat agar bisa segera mendapat penanganan lebih lanjut. 

"Sesui perda yang ada, kalo memelihara hewan seperti anjing dan kucing haris divaksin dan jangan dilepas liarkan jika terjadi gigitan segera cuci dengan air mengalair menggunakan diterjen karena sifat viris larut dalam lemak, setelahnya langsung datangi faskes terdekat, " ujar Putra Pertama. 

Sementara, Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Karangasem, I Gede Eka Putra belum lama ini mengatakan, hingga saat ini estimasi jumlah populasi anjing di Kabupaten Karangasem mencapai 77 ribu ekor lebih.

Dari estimaai populasi tersebut, baru sekitar 10 ribu ekor lebih yang telah divaksin rabies pada Januari 2023, sedangkan sisanya rencananya akan diakukan vaksinasi massal pada bulan maret mendatang.

Penulis : bbn/krs

Editor : Robby



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending