News

Lebih dari 600 Petugas Berjuang Padamkan Kebakaran Hutan Yunani

 Senin, 28 Agustus 2023, 18:58 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Lebih dari 600 Petugas Berjuang Padamkan Kebakaran Hutan Yunani

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Lebih dari 600 petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan tiga kebakaran hutan di Yunani. Pemadaman juga dibantu beberapa negara Eropa, yang didukung oleh armada pesawat dan helikopter yang menjatuhkan air dari atas.

Dari tiga kebakaran hutan yang melanda Yunani, dua di antaranya telah berkobar selama berhari-hari.

Kebakaran besar di wilayah timur laut Evros dan Alexandroupolis, yang diyakini menyebabkan kematian 20 orang, masih berlangsung selama sembilan hari.

Dilaporkan AP, kebakaran tersebut, salah satu kebakaran hutan terbesar yang pernah melanda negara Uni Eropa, telah menghancurkan sebagian besar hutan dan membakar rumah-rumah di daerah terpencil di kota Alexandroupolis.

Pada hari Minggu (27/8), 295 petugas pemadam kebakaran, tujuh pesawat, dan lima helikopter sedang menanganinya.

Menurut Layanan Manajemen Darurat Copernicus Uni Eropa, kebakaran hutan telah menghanguskan 77.000 hektar (770 kilometer persegi) lahan dan memiliki 120 titik api aktif.

Copernicus adalah komponen observasi Bumi program luar angkasa Uni Eropa dan menggunakan citra satelit untuk menyediakan data pemetaan.

Di pinggiran barat laut ibu kota Yunani, kebakaran hutan besar lainnya telah berkobar selama berhari-hari, menghanguskan rumah-rumah dan membakar taman nasional di Gunung Parnitha, salah satu kawasan hijau terakhir di dekat Athena.

Departemen pemadam kebakaran mengatakan 260 petugas pemadam kebakaran, satu pesawat, dan tiga helikopter berusaha menjinakkan api.

Kebakaran hutan besar ketiga dimulai pada hari Sabtu di pulau Andros di Cycladic dan masih menyala tak terkendali pada hari Minggu, dengan 73 petugas pemadam kebakaran, dua pesawat, dan dua helikopter memadamkan api. Sambaran petir diduga menjadi pemicu kebakaran hutan tersebut.

Yunani dilanda lusinan kebakaran setiap hari selama seminggu terakhir karena angin kencang. Kondisi musim panas yang kering dan terik turut memicu kobaran api dan menghambat upaya pemadaman kebakaran.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending