News

Mahfud MD Bongkar Alasan Panji Gumilang Lakukan Dugaan Penodaan Agama

 Minggu, 16 Juli 2023, 11:30 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Mahfud MD Bongkar Alasan Panji Gumilang Lakukan Dugaan Penodaan Agama

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Menko Polhukam Mahfud MD menyebut pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Panji Gumilang sudah terlalu nyaman dalam posisinya sehingga melakukan berbagai dugaan tindak pidana.

"Panji Gumilang ini merasa sangat nyaman kemudian melakukan dugaan tindak-tindak pidana dan penodaan terhadap agama menurut ukuran orang umum," kata dia, ditemui di Yogyakarta, Sabtu (15/7).

Menurut Mahfud, Panji Gumilang menemukan 'kenyamanannya' sejak pendirian Al Zaytun sebagai entitas kontra-Negara Islam Indonesia (NII) pada tahun 1996. Dengan eksistensinya, ponpes tersebut mampu menarik perhatian para donatur.

"Itu sebabnya jangan heran, dulu Pak Habibie (Presiden kedua RI) itu mau menyumbang Rp1,2 T untuk membangun Al Zaytun, itu sarannya Pak Malik Fajar, Menteri Agama itu bagus. Sarannya BIN (Badan Intelijen Negara) waktu itu bagus," papar dia.

"Nah, karena Panji Gumilang itu memecahkan diri dan membikin sendiri dan betul-betul menjadi anti-NII," sambungnya.

Mahfud menjelaskan Ponpes Al-Zaytun pimpinan Panji Gumilang sejatinya merupakan buah dari operasi intelijen yang bermaksud memecah sisa-sisa gerakan Darul Islam atau NII yang diprakarsai oleh Kartosoewirjo.

Kata Mahfud, Panji memiliki keterkaitan dengan Komandemen Wilayah (KW) 9 yang merupakan hasil operasi intelijen pada tahun 1985 untuk menandingi NII. Pemerintah melalui tangan Ali Moertopo sengaja membentuknya demi memecah belah NII dari dalam.

Sampai akhirnya NII pecah, Ponpes Al Zaytun pun berdiri. Panji Gumilang, menurut Mahfud, saat itu memisahkan diri dari NII dan sepenuhnya menjadi anti-NII.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending