search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pesta Kesenian Bali Kota Denpasar
Rabu, 21 Mei 2008, 14:07 WITA Follow
image

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Perhelatan seni budaya tahunan Pesta Kesenian Bali (PKB) di Kota Denpasar akan dibuka Walikota Denpasar, Drs Puspayoga pada Kamis (22/5). Pembukaan festival kesenian akbar yang ke-30 ini dilaksakanan di Lapangan Puputan Badung dan ditandai dengan pelepasan 30 ekor burung. Menariknya, PKB Kota Denpasar ini akan dibuka dengan unjuk kebolehan sekeha gong wanita Gita Sancaya Banjar Kebon Kori Lukluk Kelurahan Kesiman. Sekeha gong jawara tingkat Kota Denpasar ini menjadi duta Denpasar di Parade Gong Kebyar Wanita PKB Propinsi Bali tahun 2008. Walikota Denpasar Drs Puspayoga dalam kesempatan terpisah menekankan pentingnya menghormati keragaman, namun tetap berupaya untuk menjaga budaya Bali. Sebab jika masyarakat Bali selaku pengusung budaya Bali tidak mau menjaga dan melestarikan kekayaan nusantara ini, siapa lagi yang akan menjaganya.

Lebih jauh Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar Luh Gede Hariasih SH didampingi Kabag Humas Setda Kota Denpasar menyatakan PKB Kota Denpasar tetap mengacu pada tema pokok PKB Propinsi Bali yakni ”Citta Wretti Nirodha”. ”Artinya Pengendalian Diri Menuju Keseimbangan dan Keharmonisan.” jelas Kadisbud Hariasih. Oleh karenanya Kadisbud Hariasih mengajak seluruh komponen masyarakat untuk benar-benar memaknai tema PKB kali ini untuk lebih meningkatkan pengendalian diri guna mewujudkan keseimbangan dan keharmonisan hubungan inter dan antar komponen masyarakat. Terlebih lagi pelaksanaan PKB Kota Denpasar ke -30, masih dalam suasana peringatan 100 tahun Kebangkitan Nasional. ”Untuk itu mari jadikan moment Seabad Harkitnas untuk bangkit bersama menuju Denpasar yang lebih baik, lebih maju dan sejahtera,” tandasnya.

Kadisbud Hariasih menyatakan bahwa pada Kamis dan Jumat 23 – 24 Mei 2008 PKB Kota Denpasar akan dimeriahkan dengan Lomba-Lomba Bidang Kewanitaan. ”Mulai dari lomba busana, lomba membuat aneka masakan tradisional hingga ke lomba keterampilan merangkai bunga dan janur,” jelas wanita murah senyum ini. Aneka lomba yang diikuti ratusan peserta dari tingkat TK hingga Lansia ini dilaksanakan di seputar areal Lapangan Puputan Badung. Pembukaan juga dimeriahkan penampilan Sekaa Angklung Suwara Kencana Br. Dauh Tangluk Kelurahan Kesiman Denpasar. Sekaa angklung ini nantinya unjuk kebolehan pada Parade Angklung Kreasi PKB Propinsi Bali tahun 2008. 

Reporter: bbn/sin



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami