search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
PDAM Tabanan Akan Naikan Tarif 10 Persen
Senin, 1 Februari 2010, 19:18 WITA Follow
image

images.google.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Setelah menunda kenaikan tarif PDAM tahun 2009 karena berbagai hal, maka PDAM Tabanan tahun ini rencananya akan menaikan tarifnya sebesar 10 persen. Langkah ini diambil guna memenuhi proses restrukturisasi hutang. 

Seperti yang diungkapkan oleh Direktur PDAM Tabanan IB Oka Sedana,ST, Senin (1/2). Dikatakannya, karena tututan restrukturisasi maka harus diambil langkah kenaikan tarif.

“kalau tidak dinaikan, karena ada tiga kriteria yang harus dipenuhi dalam rangka restrukturisasi hutang salah salah satunya kenaikan tariff yang harus berada di atas biaya operasi,” jelasnya.

Kalau tahun ini tidak dinaikan, maka rapor merah akan diterima PDAM Tabanan dalam upaya restrukturisasi hutangnya. “kenaikan tariff ini semata-mata karena pantauan sistem businnes plan yang telah ditandatangani sejak tahun 2008 yang menyuratkan tarif jual di atas biaya operasi,” jelasnya yang didampingi I Putu Astika Sepanca.

Lebih jauh, Sedana menambahkan kenaikan tarif itu diberlakukan bukan lantaran PDAM Tabanan terus merugi. “Ngga kok, malah PDAM Tabanan sejak tahun 2007 sudah laba,” terangnya.

Dikatakan, tahun 2007 PDAM Tabanan laba sebesar Rp 467 juta, tahun 2008 laba Rp 1.2 M. Sementara tahun 2009 juga diprediksi laba, bahkan lebih meningkat dibandingkan laba tahun 2008. Hanya saja pihaknya belum menyebut angka,
sebab keuangan tahun 2009 belum diaudit.

“rencana kenaikan tariff ini perlu kami sosialisasikan lagi, dan sebelum diberlakukan wajib mendapatkan ijin dari Bupati maupun DPRD,” jelasnya. 

Reporter: bbn/ctg



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami