search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Buang Sampah Sembarangan, Awas Ada
Senin, 5 September 2011, 22:18 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Warga Kota Denpasar kini tak bisa buang sampah sembarangan. Ada petugas 'Jumali' yang siap memberi sanksi tegas bagi warga yang masih jorok buang sampah sembarangan tempat.

Satuan Tugas 'Jumali' (Juru Pemantau Lingkungan) dibawah komando Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kota Denpasar, sejak pagi hari ini tampak sudah melakukan pemantauan di kawasan Jalan Nangka Selatan.

"Pemantauan ini dilakukan mengingat masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah sembarangan," ujar IB Alit Indra, Koordinator Jumali Kota Denpasar saat sidak di kawasan Nangka Selatan, Senin (5/9/2011).   

Hari ini, sejak pagi hari 35 orang Jumali disebar ke beberapa titik di seputar kawasan jalan Nangka Denpasar. Alhasil beberapa orang warga yang masis suka buang sampah sembarangan berhasil ditangkap basah.

"Saat diberitahu soal kebiasaan joroknya yang suka buang sampah sembarangan, warga  bersangkutan hanya bisa cengar-cengir," ujar Gus Indra.

Disamping menasehati warga, petugas 'jumali' juga mencatat identitas warga bersangkutan dan langsung memberi surat pernyataan serta menyita KTP atau SIM yang bersangkutan.

Seperti yang dilakukan petugas jumali terhadap Jaman Dardiri, yang beralamat di Jalan Noja. Selain menjadi tontonan orang banyak, KTP nya juga disita petugas. Bahkan tidak itu saja, terhadap mereka yang kedapatan membuang sampah sembarangan selain diberi pembinaan oleh Dinas DKP juga akan diteruskan ke para kelian banjar atau Kaling dimana mereka tinggal.

"Hal ini dimaksudkan agar para kelian juga tahu bahwa masih ada warga di lingkungannnya yang membuang sampah sembarangan sekaligus mendapatkan tindak lanjut dengan membina yang bersangkutan bila perlu diberikan sangsi yang lebih tegas lagi, agar ada efek jera," terang Gus Indra.

Sehari sebelumnya, satuan Jumali juga menyasar kawasan Jalan Hayam Wuruk dimana di kawasan ini puluhan masyarakat juga tertangkap basah kedapatan membuang sampah sembarangan yaitu tidak mematuhi jam pembuangan sampah.

Sementara Kabid Kebersihan Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kota Denpasar, Dewa Anom Sayoga mengatakan kegiatan ini dalam rangka pembinaan kepada masyarakat. Tujuannya agar masyarakat semakin sadar tentang arti penting kebersihan lingkungan sekaligus berbuat yang terbaik untuk  lingkungannya.

 

"Mengingat keterbatasan yang dimiliki mudah-mudahan upaya ini mampu mempercepat terwujudnya Denpasar yang sehat, bersih dan hijau. Namun yang lebih penting lagi adalah peran masyarakat dalam meningkatkan kesadarannya untuk membantu Pemerintah  dalam mempercepat terwujudnya Denpasar Clean And Green," ujarnya.        


 

Reporter: bbn/ctg



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami