search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kepolisian India Tertarik Belajar Kanuragan Bali
Rabu, 21 Agustus 2013, 10:12 WITA Follow
image

google/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Beritabali.com, Denpasar. Ilmu kanuragan Bali Sandhimurti rupanya sudah terdengar hingga ke mancanegara. Buktinya, Kepolisian Negeri India tertarik dengan ilmu kanuragan Sandhimurti dan meminta agar Sandhimurti mengirim pelatih ke negeri India.

Hal ini disampaikan pinisepuh Sandhimurti, Gusti Ngurah Harta, di Denpasar (21/8/2013). Keinginan tersebut, kata Gusti Ngurah Harta, terungkap saat ia bertemu seorang guru Yoga bernama Yogi Chitranjan, di Kota Plovdiv, Bulgaria, belum lama ini. Yogi asal India ini menyatakan, ia merupakan saudara dari seorang petinggi lembaga Kepolisian India.

"Saudara dari Yogi (guru yoga) itu merupakan seorang pejabat penting kepolisian di India. Saudaranya  ini menanyakan kemungkinan apa bisa pelatih Sandhimurti dikirim ke India untuk melatih para anggota polisi di India," ujarnya.

Pihak Kepolisian India tertarik dengan ilmu beladiri kanuragan Sandhimurti karena sudah melihat langsung seperti apa ilmu beladiri tersebut dari beberapa murid perguruan Sandhimurti yang ada di Eropa. Ilmu beladiri Sandhimurti ini diakui berbeda dengan ilmu beladiri lainnya.

Menanggapi permintaan ini, Pinisepuh Perguruan Sandhimurti, Gusti Ngurah harta menyatakan akan menyiapkan pelatih guna diberangkatkan ke India.

"Kita akan siapkan beberapa orang pelatih untuk dikirim melatih polisi India. Kita akan persiapkan dengan matang karena yang akan kita latih ini institusi besar di India, jadi kita tidak akan main-main. Sebelum dilatih kanuragan Sandhimurti, para anggota polisi India ini juga akan kita latih Pencak Tengklung Sandhimurti,"ujarnya.

Ngurah Harta menambahkan, selain ke India, undangan juga diterima dari beberapa negara lainnya seperti Inggris, Amerika Serikat, hingga Portugal. Semua negara tersebut menyatakan ketertarikannya untuk mempelajari ilmu kanuragan Sandhimurti Bali.

Sebelum polisi India, Sandhimurti juga sudah melatih beberapa personil pasukan khusus Rusia. Pelatihan terhadap pasukan khusus Rusia ini dilakukan di pusat pelatihan Sandhimurti, di Denpasar Bali. (dev)

 

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami