search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pemprov Bali Target Sempurnakan Simantri Dengan Berbagai Inovasi
Minggu, 18 November 2018, 14:20 WITA Follow
image

istimewa

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menargetkan untuk menyempurnakan pelaksanaan program Simantri  melalui pengembangan berbagai inovasi. Khususnya inovasi untuk mengatasi berbagai kendala dalam pelaksanaan program Simantri. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Bali Ida Bagus Wisnuardhana disela-sela penyerahan penghargaan Simantri Berprestasi di Simantri 569 Kelompok Tani Ternak Sato Amerta Utama, Br. Ringin, Desa Baluk, Jembrana pada Minggu (18/11).

Menurut Wisnuardhana, beberapa inovasi yang telah dilakukan seperti perbaikan-perbaikan teknik pengolahan limbah agar lebih praktis dan berkualitas dimana Instalasi bio urine tidak lagi menggunakan tangga penipisan amoniak. Selain itu juga telah dilakukan inovasi dalam mengansurasikan ternak sapi Simantri, mengharuskan setiap simantri melaksanakan demplot pertanian organik, melengkapi instalasi biogas dengan teknik dizulfuriser dan teknik bolting yang bekerjasama dengan group riset Fakultas Teknik UNUD, serta inovasi lainnya.

 

Wisnuardhana menyampaikan program Simantri telah banyak menunjukkan perkembangan positif, dimana sampai akhir tahun 2018 telah terbangun senamyak 752 unit Simantri yang tersebar di seluruh Bali. Perkembangan jumlah induk sapi juga berkembang dari 20 ekor menjadi 14.040 ekor di tahun 2018.

Wisnuardhana berharap kedepan Kelompok Tani agar lebih berkembang menjadi kelompok mandiri dan tangguh. Mengingat pengembangan program Simantri salah satunya bertujuan untuk memotivasi petani agar mampu berkembang dan berkreativitas.

Reporter: Kominfo NTB



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami