search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Aktivitas Penambangan Harus Beri Dampak Positif Masyarakat dan Lingkungan
Minggu, 23 Desember 2018, 08:52 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Beritabali.com,Banyuwangi. Aktivitas penambangan harus memberi dampak positif bagi masyarakat lingkungan sekitar tempat penambangan dan hal ini akan terus ditingkatkan seiring dengan meningkatnya produksi dari tambang.
 
[pilihan-redaksi]
Corporate Communications Manager PT. Bumi Suksesindo (BSI), Mufizar Mahmud mengatakan dirinya mencontohkan seperti yang dilakukan pihaknya dimana aktivitas tambang yang dilakukan di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesangaran, Kabupaten banyuwangi juga memberi dampak positif bagi masyarakat di sekitar yaitu, dengan memberi program CSR di bidang pendidikan, pemerdayaan ekonomi serta infrastruktur.
 
"Itu merupakan komitmen kami, yaitu, 1 sampai 1,5 persen pendapatan kotor dari perusahaan kami, yang kami bagi dari berbagai program Seperti beasiswa, penyediaan bus sekolah untuk anak-anak warga disekitar tambang, pengobatan gratis ke warga sekitar, kita juga membangun jalan, merehabilitasi sekolah-sekolah terutama di sekitar areal dekat tambang. Pada 2018 dana yang telah dikeluarkan PT. BSI telah mencapai, lebih dari Rp25 miliar untuk membantu masyarakat di sekitar tambang," paparnya, Sabtu (22/12).
 
[pilihan-redaksi2]
Dilanjutkan, selain itu terkait dengan limbah dalam aktivitas penambangan juga harus ramah dengan lingkungan. Yang salah satu contohnya, tidak membuang limbah dalam proses aktivitas penambangan ke laut. "Terkait dengan limbah kami tidak melakukan pembuangan limbah  ke laut. Yang kami lakukan memindahkan dari gunung ke tempat area pelindihan, atau tidak ada sama sekali taling yang kita buang ke laut. Selain itu, dalam proses penambangan kami tidak menggunakan merkuri," ujarnya.
 
Ia menambahkan tata pengelolaan tambang juga dilakukan dengan cukup baik dan efektif serta efisien karena menggunakan teknologi yang sangat ramah lingkungan. "Bisa dikatakan, tambang kami ini merupakan tambang yang sangat efisien satu-satunya di Indonesia," pungkasnya. (bbn/aga/rob)

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami