search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sebanyak 4.149 Siswa Klungkung Ikuti Festival Nyurat Aksara Bali
Sabtu, 9 Februari 2019, 15:50 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KLUNGKUNG.

Sebanyak 4.149 siswa SD dan SMP mengikuti festival menyalin huruf latin ke aksara bali dan ngerupak aksara bali. 

Selain festival nyurat aksara bali, juga digelar lomba menyanyi sekar rare untuk siswa Taman Kanak-kanak. Kegiatan ini dibuka Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta di depan Monumen Puputan Klungkung, Sabtu (9/2). 
 
Pemerintah Kabupaten Klungkung mencanangkan Bulan Bahasa Bali tahun 2019. Kegiatan ini mengacu pada Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang perlindungan dan penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali serta penyelenggaraan bulan bahasa bali. Berbagai kegiatan dilaksanakan dengan melibatkan ribuan siswa SD dan SMP di empat Kecamatan di Kabupaten Klungkung. 
 
Menurut Bupati Suwirta, para peserta terlihat sudah menguasai, tetapi dari segi bentuk dan kecakapan berbeda-beda. Selain peserta dari siswa Hindu, nampak juga siswa dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) Klungkung. “Ini mencerminkan persatuan dan kebhinnekaan di Kabupaten Klungkung sangat kuat,” ujar Bupati Suwirta didampingi Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra. 
 
Bupati berharap implementasi dari kegiatan ini tidak saat pencanangan saja, tetapi dilakukan dalam kehidupan sehari-hari tentang bagaimana berbahasa dan berbusana bali pada tempatnya. Selain itu, dengan aksara, sastra dan busana bali bisa merubah prilaku kearah yang lebih baik. Sehingga Bali tetap ajeg, sejalan dengan slogan atau spirit Kabupaten Klungkung ‘Gema Santi’ atau gerakan masyarakat santun dan inovatif. “Dengan kegiatan ini bagaimana kita melestarikan adat dan budaya bali,” harapnya. 
 
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung, Dewa Gde Darmawan menyatakan Pencanangan Bulan Bahasa Bali di Kabupaten Klungkung dilaksanakan di tiga tempat, yakni di Klungkung daratan (depan Monumen Puputan Klungkung) dengan peserta sebanyak 2.019 peserta, Wantilan Pura Ped 1.230 peserta dan Catus Pata Desa Lembongan 900 peserta.
 
 
Jenis kegiatan yang dilaksanakan diantaranya pemasangan papan nama sekolah serentak dengan menggunakan huruf bali dan huruf latin, festival dan lomba menyalin dan ngerupak huruf latin ke aksara bali dan kegiatan lainnya. 

Reporter: Kominfo NTB



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami