search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Viral Nasi Sedekah Dibuang Begitu Saja Oleh Pemulung, Warganet Murka
Kamis, 18 Maret 2021, 11:55 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Viral Nasi Sedekah Dibuang Begitu Saja Oleh Pemulung, Warganet Murka

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Viral di media sosial tentang nasi sedekah yang dibuang begitu saja oleh pemulung. Hal ini dibagikan akun Facebook Indah Kusuma Dewi.

Indah membagikan tangkapan layar pesan WhatsApp, yang memperlihatkan beberapa kotak berisi makanan terbuang begitu saja.

Dalam pesan tersebut tertulis, jika sebaiknya, para donatur tak lagi memberi sedekah makanan pada para pemulung yang mereka temui di pinggir jalan. 

Pasalnya, para pemulung tersebut ternyata menampung kotak-kotak makanan yang mereka dapatkan dari beberapa orang dan hanya mengambil lauk yang mereka inginkan saja, lalu membuang sisanya begitu saja. 

"Bismillah, mohon sekiranya para donatur tidak memberikan makanan pada pemulung yang biasa berada di pinggir jalan apalagi pada hari Jumat dikarenakan mereka menampung makanan di karung atau gerobak mereka. Tanpa kita ketahui mereka sudah dapat makanan atau belum," tulis pesan tersebut.

Ditambahkan, jika ingin memberikan makanan, sebaiknya tanya terlebih dahulu, apakah makanannya akan dimakan atau tidak. Atau apakah mereka sudah makan atau belum. 

"Karena kasihan makanan seperti ini dibuang begitu saja. Dipilih ayamnya, kemudian nasi dan lauk lainnya dibuang percuma saja sangat mubadzir," tulis pesan tersebut.

Dalam unggahan itu, si pemilik akun juga pernah memiliki pengalaman yang hampir serupa. Di mana, saat ia akan memberikan bantuan makanan pada seseorang, orang tersebut bertanya apa lauk yang akan diberikan. 

"Kejadian ini nyata di sekitar kita ya. Bukan karena profesi. Ada oknum tukang ojek, pemulung, pengamen, dan lainnya yang kadang nakal, dan tidak jujur. Fyi, santri aye aje sampe diingatkan suruh ganti 700 butir tiap dia buang nasi yang masih layak dimakan," tulis dia.

Kejadian ini, lanjut si pemilik akun bisa menjadi pengingat bagi para pemberi dan penerima sedekah, agar dapat berbagi dengan tepat sasaran.

Unggahan ini pun mendapatkan perhatian dari warganet, baik di Facebook dan Twitter hingga telah dibagikan dan dilikes ribuan kali.

"Sombong banget buang-buang nasi gitu. Setidaknya bawa pulang bisa di goreng. Rakus miskin tapi buang makanan. Nauzubillah. Aku aja nasi gak pernah mau buang. Sisa nasi yang ada aku bikin nasi goreng. Pokoknya gak pernah mau buang sedikitpun makanan," tulis Lisa Petrovic.

"Lebih baik sedekah ke yang terdekat lihat di sekeliling dulu, alurnya liat dari keluarga atau sodara-sodara dari keluarga, apa ada yang masih layak dikasih sedekah gak. Pemulung bukam berarti ga mampu, aku aja ngobrol ma pemulung tuh penghasilannya 100-150 sehari," kata @sandy_adul.

"Pemulung, pengamen, terutama yang di Jakarta emang suka pada sombong, dulu gue juga pernah ngasih nasi kotak buat sahur malah dilemparin batu. Ga pantes mereka tuh dikasihani," ungkap @haikkm.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami