search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Adat Unik Menjamu Tamu di Pesta Pernikahan, Warganet Terkejut
Selasa, 4 Januari 2022, 12:50 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Adat Unik Menjamu Tamu di Pesta Pernikahan, Warganet Terkejut

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Jamuan pesta pernikahan di Indonesia umumnya dilakukan dengan cara prasmanan atau piring terbang adat Solo. Cara jamuan prasmanan mempersilakan tamu undangan mengambil sendiri makanan yang sudah disiapkan di meja.

Sementara cara jamuan piring terbang yakni tamu undangan dilayani makannya seperti di restoran. Makanan yang sudah ditata lengkap dengan lauknya di piring akan diantarkan ke tempat tamu. Ternyata ada adat lain di Indonesia mengenai cara menjamu tamu yang berbeda pada umumnya.

Rekaman video yang diunggah oleh pengguna TikTok @radasartikasijabat menunjukkan adat lain cara menjamu tamu tersebut di pesta pernikahan. Dalam video itu, tampak semua tamu undangan sedang duduk di atas tikar.

Ia memperlihatkan sedang membawa sebuah nampan kosong besar berwarna merah muda berbentuk lingkaran. Masing-masing tamu juga diberi nampan sepertinya. Ia bersama tamu undangan lain menunggu jamuan makanan pesta pernikahan dibagikan. 

Tak berselang lama seorang wanita paruh baya datang menghampirinya. Wanita ini membawa karung berwarna putih yang tampak berat.

Ternyata setelah mendekat karung yang dibawa wanita tersebut berisi nasi putih. Wanita itu kemudian menuangkan nasi putih dari karung menggunakan piring besi ke nampannya.

Nasi yang dituangkan tak tanggung-tanggung, satu piring penuh. Sontak pengunggah video ini dibuat kaget dengan cara menjamu makanan pesta pernikahan di tempat tersebut.

"Begini amat makan di pesta," tulis pengunggah dalam videonya.

Beragam komentar warganet

Video yang telah ditonton sebanyak 1,6 juta kali ini menuai beragam komentar dari warganet. 

"1 nampan begitu untuk 1 orang kak? Ternyata kebiasaan orang Indonesia macam-macam kalau pas pesta," komentar seorang warganet.

"Baru ngeh nasinya dikarungin," tulis yang lain.

"Itu porsi makanku pagi, siang, malam. Kondangan ke situ fix sih enggak makan lagi di rumah," imbuh lainnya. 

"Gue makan di situ kenyang langsung, lauknya enak banget," ucap warganet lain. 

Tak sedikit warganet yang menyayangkan orang berkomentar seolah merendahkan adat ini. Mereka meminta warganet untuk menghargai keanekaragaman adat di Indonesia.

"Itu sudah biasa di kampungku nasi dikarungi. Itu karungnya sudah bersih guys, jangan samakan kayak India!" tulis salah satu pengguna TikTok.

"Berbagai daerah beda adat, saya suka banget, hargailah," ucap yang lain.

"Memang adatnya begitu, nanti lauknya diserok dari ember. Bersikap sesuai tempat kak, saling menghargai," imbuh lainnya.

"Seenggaknya hargai tradisi kami, kalau memang enggak suka enggak usah komen bisa diskip," timpal pengguna TikTok lain.(sumber: suara.com)
 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami