search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Lapar Saat Hujan, Ini Rekomendasi Camilan Saat Hujan
Kamis, 20 Januari 2022, 20:15 WITA Follow
image

bbn/Kompas.com/Lapar Saat Hujan, Ini Rekomendasi Camilan Saat Hujan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Makan saat cuaca hujan adalah hal yang nikmat, Apalagi jika makanan yang dimakan dalam kondisi hangat dijamin pasti enak. Ternyata ada sejumlah makanan khas Nusantara yang enak dikonsumsi ketika hujan. Berikut list makanannya
 
1. Bajigur

Minuman khas Jawa Barat ini memang juara. Hangat, manis gula jawa, berwarna kecoklatan, dan terbuat dari campuran santan. Di Jakarta atau Bandung, penjaja bajigur menjual segelas bajigur hangat dengan pisang rebus, kacang rebus, ubi rebus ataupun kue pisang berbungkus daun. 

2. Pisang goreng

Di Indonesia, pisang goreng bisa tampil dengan banyak rupa. Orang-orang di Jawa umumnya menyantap pisang goreng  ditemani kopi atau teh hangat. Tapi di Manado dan Makassar, pisang goreng biasa dinikmati bersama sambal dabu-dabu dan sambal roa. 

3. Sekoteng dan Wedang Ronde

Minuman hangat memang terbaik saat musim hujan. Semua minuman dengan jahe pasti disukai karena dapat menghangatkan badan serta mampu menjaga kebugaran tubuh. Jahe juga bisa jadi obat murah meriah bila Wegonesia mulai terserang flu. 

Sekoteng mirip dengan wedang ronde, terutama karena jahe menjadi komponen utama. Bedanya terletak pada isian, bila sekoteng berisi kacang hijau, potongan roti, kacang tanah yang disangrai serta mutiara cina, maka komponen penting dari wedang ronde ialah jahe dan ronde, yakni berupa bulatan putih yang kenyal digigit dan berisi kacang tanah. Wedang ronde umumnya dilengkapi kolang-kaling serta mutiara cina. 

4. Bandrek

Komposisi utama bandrek ialah jahe, gula merah, daun pandan, dan kayu manis. Kadang-kadang juga ditambahi cengkih. Selain menghangatkan badan, bandrek dipercaya bisa menambah stamina terutama saat menghadapi musim hujan.

5. Kembang tahu

Paduan sari pati tahu yang diguyur kuah jahe dan gula aren jadi camilan yang mantap untuk menghangatkan tubuh dan menyamankan perut. Kembang tahu banyak ditemui di Pontianak dan Jawa Barat.

6. Bakso

Disajikan panas dengan kuah gurih dan bikin kenyang, bakso selalu jadi andalan saat musim hujan. Tambahan mie dan bawang di bakso menambah cita rasa dan rasa nikmat untuk menyantap bakso.
 
7. Bir Pletok dan Uli Bakar

Bir pletok terbuat dari jahe, serai juga kayu manis, karena itu rasanya agak pedas dan disajikan hangat-hangat. Biar makin klop, bir pletok semakin nikmat didampingi uli bakar yang disajikan dengan cocolan, misalnya tauco atau saus kacang.

Itulah 7 Camilan atau makanan ringan khas nusantara yang enak dimakan saat cuaca hujan. Sejumlah makanan berbahan dasar jahe, pastinya akan membuat tubuh jadi hangat dan nyaman.

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami