search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Gempa M 4,6 Guncang Lombok, Warga Berhamburan Keluar
Selasa, 25 Januari 2022, 09:25 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/Gempa M 4,6 Guncang Lombok, Warga Berhamburan Keluar.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Gempa cukup keras mengguncang Pulau Lombok pagi buta, Selasa (25/1). Getarannya dirasakan hampir seluruh warga menyebabkan penghuni rumah berhamburan keluar.

Rilis BMKG, guncangan gempa berkekuatan Magnitudo 4,6, terjadi pada pukul 05.14 WITA, dengan titik koordinat Lokasi 8.76 LS, 116.14 BT. Jarak gempa pada 10 Kilometer arah tenggara.

Pantauan Beritabali.com warga Sekarbela Kota Mataram turut panik. Gempa terjadi beberapa saat setelah adzan subuh berkumandang. Warga yang baru saja terbangun untuk Salat Subuh, berhamburan keluar rumah selamatkan diri.  Sejumlah warga mengaku masih trauma dengan gempa pada tahun 2018 lalu. 

PLH Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Eka Sri Sulistianingsih menjelaskan gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di darat. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukan bahwa gempabumi memiliki mekanisme geser (strike-slip). 

Getaran gempa bumi tidak hanya dirasakan di wilayah Lombok Barat, namun seluruh wilayah Lombok bahkan hingga ke sejumlah daerah di Bali juga merasakan getaran gempa bumi ini. 

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. 

Hingga hari Selasa (25/1)  pukul 05.47 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami