search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
STB Murah Tidak Ada Logo Kominfo, Berpotensi Tidak Kompatibel
Selasa, 5 Juli 2022, 12:21 WITA Follow
image

bbn/dok Kominfo/STB Murah Tidak Ada Logo Kominfo, Berpotensi Tidak Kompatibel.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Masyarakat non Rumah Tangga Miskin (RTM) diimbau untuk membeli secara mandiri peralatan untuk mengkonversi TV analog menjadi TV digital atau Set Top Box (STB) dengan yang bersertifikasi Kominfo.

STB yang bersertifikasi Kominfo telah diuji kelaikannya sehingga ada jaminan bisa digunakan. 

"Kalau ada yang menjual STB dengan harga murah tapi tidak ada logo Kominfo, maka bisa berpotensi tidak kompatibel dengan TV yang digunakan nantinya sehingga sistemnya tidak bisa membaca," ungkap Ketua Pokja Komunikasi Publik Gugus Tugas Analog Switch off atau ASO 2022, Rosarita Niken Widiastuti, dalam Webinar Sosialisasi Analog Swicth Off (ASO) di Aceh, Minggu, 3 Juli 2022.

Sementara Direktur Penyiaran, Direktorat Jenderal PPI, Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia mengajak masyarakat untuk memilih STB dengan tulisan DVB-T2. Pada kemasannya ada tulisan ‘Siap Digital' atau ada juga saat ini tambahan gambar MODI. 

"Bila ada tulisan itu sudah pasti aman,” sebutnya dikutip dari keterangan resmi Kominfo.

Adapun merek STB yang bersertifikat Kominfo yang tersedia di pasaran diantaranya; Nexmedia (NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD), Polytron (PDV 600T2), Ichiko (8000HD), Akari (ADS-2230, ADS-168 dan ADS-210), Venus (Brio), Tanaka (T2), Matrix (Apple), Evercoss (STB1).

Informasi tentang STB yang sudah bersertifikat bisa didapatkan di aplikasi SIRANI (tersedia android dan iOS), atau di www.siarandigital.kominfo.go.id. Sertifikasi merupakan upaya perlindungan pemerintah terhadap masyarakat.

Editor: Robby

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami