search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kontroversi Komikus Kharisma Jati, Disebut-sebut Hina Iriana Jokowi
Jumat, 18 November 2022, 11:28 WITA Follow
image

bbn/Suara.com/Kontroversi Komikus Kharisma Jati, Disebut-sebut Hina Iriana Jokowi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Media sosial dihebohkan dengan cuitan akun @KoprofilJati yang disebut-sebut menghina istri Presiden Joko Widodo, Iriana Jokowi. Mulanya, akun tersebut mengunggah foto Iriana Jokowi bersama istri Presiden Korea Selatan, Kim Kun Hee.

Dalam unggahan tersebut, @KoprifilJati menuliskan cuitan yang dianggap menghina:

"Bi, tolong buatkan tamu kita minum,"
"Baik, Nyonya,"

Cuitan tersebut sontak mengundang banyak respons publik yang dianggap melakukan body shaming ke Iriana Jokowi. Usut punya usut, pemilik akun @KoprofilJati adalah seroang komikus bernama asli Kharisma Jati. Dia dikenal lewat Anak Kos Dodol Dikomikin dan God You Must Be Joking.

Kontroversial

Kharisma Jati sempat terkena kontroversi melalui komiknya yang dianggap melanggar norma susila. Pasalnya dalam salah satu komiknya, dia menampilkan seorang perempuan yang meminta dipuaskan hasrat sekaual kepada anak-anak.

Komik tersebut mendapatkan berbagai reaksi keras di atara komunitas komik dan netizen Indonesia. Kharisma Jati juga dikenal memiliki karya-karta berunsur kekerasan dan bernuansa gore, sebuah sub-genre karya yang menampilkan adegan kekerasan dan berdarah-darah.

Profil

Kharisma Jati sendiri adalah komikus asal Yogyakarta yang lahir 4 November 1986.

Kharisma Jati mengaku bahwa sudah menyukai komik sejak di bangku sekolah dasar. Dia lahir di keluarga seniman di mana sang ibu adalah seorang penari sementara ayahnya seorang pelukis.

Kesukaannya pada dunia komik membuat Jati hengkang dari bangku sekolah pada 2003 demi mengejar cita sebagai komikus profesional.

Usaha sampai, dia memenangkan sejumlah lomba dan bekerja untuk beberapa perusahaan. Kharisma juga sempat bekerja jadi ilustrator dan animator sebelum menjadi komikus profesional.

Karya yang paling terkenal adalah Anak Kos Dodol Dikomikin, God You Must Be Joking, Dead Terrorism dan 17+ dan berbagai sejumlah komik dewasa.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami